Pengamanan Objek Wisata di Kota Pagaralam

Pengamanan Objek Wisata di Kota Pagaralam
teks:IST- Tim gabungan Melakukan patroli pengamanan sejumlah lokasi wisata,sambil sosialisasi protokol kesehatan.

PAGARALAM, MEDIASRIWIJAYA- Waktu libur kota Pagaralam menjadi destinasi wisata karena view alamnya yang indah. Demi menjaga keamanan dan kenyamanan pengunjung tim gabungan Melakukan patroli pengamanan sejumlah lokasi wisata,sambil sosialisasi protokol kesehatan. Pengamanan objek wisata dan sosialisasi prokes covid 19 di lokasi obyek wisata Wilkum Polres Pagaralam dalam rangka hari Libur panjang nasional memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW yang dilaksanakan pada hari Kamis Tanggal 29 Oktober 2020 pukul 09.00 wib s.d 17.30 wib.

Kapolres Pagaralam AKBP Dolly Gumara S.Ik MH kepada media ini, Jum'at (30/10) menuturkan, pelaksanaan pengamanan objek wisata dilaksanakan dari mulai pagi sampai sore dimulai dari tanggal 28 Oktober s.d. 1 November 2020 pada 15  lokasi / objek wisata di wilayah kota Pagaralam yaitu :
1. Curup Embun
2. Curup Mangkok
3. Dempo park
4. Tujuh kenangan
5. Hutan bambu
6. Tebat Reban
7. Fovour waterfun
8. Tugu Rimau
9. Tangga 2001
10. Ozil  Garden
11. Grand Garden
12. Mr. D
13. Camping ground
14. Bandara Atung Bungsu
15. Liku Endikat
16. Liku Lematang.
"Setidaknya ada 15 lokasi wisata yang dipantau," jelasnya. Sebelumnya, Hari Kamis 29 Oktober 2020 pukul  08.00 wib dilaksanakan APEL PENGAMANAN HARI LIBUR NASIONAL  di halaman Mapolres Pagar Alam yang dipimpin langsung oleh  Kapolres Pagar Alam AKBP Dolly Gumara,SIK, MH dan dihadiri oleh  :
1. Para Kabag
2. Para Kasat
3. Para Kapolsek
4. Para Kasie
5. Pers Polres Pagar Alam
6. . Pelibatan personel dalam pengamanan objek wisata sebanyak 148 pers yg terdiri atas  : Polri, TNI, Satpol PP, Dishub dan Dinkes," imbuhnya.
   
Pelibatan personel pengamanan yang ditempatkan pada masing-masing lokasi wisata sebanyak 5-10 personel dengan sasaran antisipasi 3C dan penegakan protokol covid 19
dan ditempatkan juga personel lalu lintas sebanyak 2-4 pada jalur-jalur rawan kecelakaan seperti liku endikat dan liku Lematang dengan sasaran mencegah terjadinya laka lantas para wisatawan yang masuk dan keluar Pagaralam.

3. Hasil kegiatan pengamanan sbb :
   - Miras       :       0 botol
   - Sajam      :       0 Kasus
   - Narkoba  :       0 Kasus
   - Senpi       :       0 Kasus
   = Jumlah Teguran Lisan dan tindakan pendisiplinan berupa push up, menyanyikan lagu Indonesia Raya, mengucapkan Pancasila bagi yg tidak pakai masker : 358 Kali Para pelanggar rata-rata tidak membawa masker dan  tidak menggunakan masker dengan benar.

Hasil pantauan pengamanan obkek wisata banyak pengunjung dari berbagai daerah yang datang di lokasi wisata dan menginap di pagaralam dimana terlihat vila dan hotel full booking dan pengunjung di lokasi wisata di pagaralam  diperkirakan 1500-an wisatawan pada hari kemarin dan akan terus meningkat di hari berikutnya. Kapolres Pagaralam juga mengimbau, Pada kondisi libur panjang ini diharapkan wisatawan jaga kesehatan, patuhi protokol covid 19 (pakai masker, jaga jarak dan rajin cuci tangn di lokasi wisata, tempat penginapan dan restoran. Selain itu juga Kapolres turut menekankan kepada para pemilik tempat usaha objek wisata, penginapan dan restoran untuk menyiapkan  sarana cuci tangan, mengingatkan pengunjung untuk pakai masker, jaga jarak dalam berkerumun dan mencuci tangan serta diharapkan menyemprotkan cairan disinfektan sebelum dan sesudah pengunjung wisata berdatangan."Meski santai menikmati liburan jangan lupa untuk menerapkan protokol kesehatan," ujarnya. (Rep)