Pencuri Komponen Gardu PLN Diciduk Buser Polsek IB 2 

Pencuri Komponen Gardu PLN Diciduk Buser Polsek IB 2 
foto:mediasriwijaya.com/lily


PALEMBANG, MEDIASRIWIJAYA.COM - Satu dari tiga tersangka, pencuri komponen gardu PLN, Ebit Satra alias Ebit Gundul (33), tertangkap tangan petugas kepolisian dalam hal ini Buser Polsek Ilir Barat (IB) 2 Palembang, saat tengah beraksi mencuri bagian Gardu PLN, yang berada di Jalan Gelora Kelurahan 32 Ilir Kecamatan IB 2 Palembang, Minggu (10/3) pukul 14.00 wib.

Tersangka Ebit, warga Jalan PSI Lautan Lorong Kebun Jahe 1 Kecamatan IB 2 Palembang, tidaklah bekerja sendiri, namun bersama dua rekannya yang masih DPO yaitu tersangka Bambang dan tersangka Denan.

Para tersangka ini, hanya bermodalkan gergaji besi, mulai mempreteli bagian. Gardu PLN yaitu Gardu Hubung Makrayu, ketiga tersangka membongkar 8 buah kubikel LBS milik PT PLN. Sayang, saat disergap dua tersangka Bambang dan Denan, berhasil kabur setelah memecahkan kaca ventilasi gardu. 

"Kami bertiga Pak, masuk ke dalam gardu, setelah menjebol tembok gardu PLN mengunakan Bodem, di dalam kami dengan mengunakan gergaji, obeng dan alat-alat lain, kami preteli. Inceran kami tidak besi dan Alma yang ada di dalam gardu," ujar tersangka Ebit, Kamis (14/3).

Di hadapan petugas tersangka Ebit mengaku jika dirinya hanya diajak oleh dua rekannya. "Aku ikut kawan, yang bongkar si Denan, aku bagian memotong bagian ini, aku baru sekali inilah bongkar Gardu PLN," aku tukang becak ini.

Saat disinggung soal hasil curian akan dijual mana, dengan cetus tersangka Ebit mengaku. "Rencana besi ini akan dijual di tukang burukan, besi itu harganya 3 ribu perkilo, sedangkan Alma seharga 12 ribu, belum sempat di ual keburu ditangkap polisi, kalau dua orang itu tidak tahu lari ke mana," ujarnya.

Kapolsek IB 2 Palembang, Kompol Agus H, didampingi Iptu Harmansyah, Kanit Reskrim Polsek IB 2 Palembang membenarkan jika tersangka ditangkap saat tengah beraksi bersama dua temannya yang kini DPO. 

"Tersangka ini ditangkap oleh petugas kita setelah mendapat informasi dari masyarakat, kita tindaklanjuti, ternyata tengah beraksi mencuri besi dan alma di Gardu PLN bersama dua temannya yang berhasil kabur," Jelas Kompol Agus.

Masih dikatakan Kapolsek IB 2 Palembang, Kompol Agus H, atas perbuatannya tersangka ini terancam pidana penjara. "Atas perbuatannya tersangka ini kita jerat dengan Pasal 363 ayat (1)  ke 4e dan 5e KUHP dengan ancaman penjara tujuh tahun," ujarnya.(Ly)