Pemprov Targetkan APK 100 Persen Wajib Belajar 12 Tahun 

Pemprov Targetkan APK 100 Persen Wajib Belajar 12 Tahun 
foto: IST - Foto bersama

PALEMBANG, MEDIASRIWIJAYA - Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan menggelar Rapat  Pembinaan yang diadakan pada  awal tahun ini di  Lingkungan Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel. 

Rapat rutin yang digelar di aula SMK Negeri 3 Palembang, beberapa hari yang lalu ini dihadiri oleh Plt Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel Drs Riza Fahlevi MM. Sekretaris Dinas, para Kepala Bidang di Lingkungan Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan, Kepala UPTD, para Kepala Seksi, dan  seluruh Kepala Sekolah, Pengawas,serta 
 Ketua MKKS Provinsi dan MKKS kabupaten dan Kota, serta Kepala SMA dan SMK se Sumsel.

Dalam kesempatan tersebut, Plt Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel Drs Riza Fahlevi MM mengatakan, bahwa berdasarkan  visi dan misi  Bapak Gubernur Sumsel H. Herman Deru tahun 2019-2023 “Sumsel Maju Untuk Semua”. “Saya juga mempunyai program bagaimana meningkatkan Angka Partisipasi Kasar (APK). Mengingat APK 12 tahun, saat ini sebesar  81,78 persen, artinya program ini belum tuntas. Ke depan akan kita targetkan APK 12 tahun tuntas ditahun 2022. Artinya pada tahun 2023 anak anak minimal tamat SMA sederajat. Sehingga pada tahun 2023 akan kita  launching wajib belajar selama  15 tahun. Tujuannya adalah  agar anak anak yang menamatkan  lulusan minimal Diploma III,” ujarnya.

“Sedangkan Untuk mencapai APK 12 tahun tuntas hingga 100 persen. Jadi  Kepala Sekolah dan pengawas juga  harus saling bersinergi. Kalau APK tuntas 12 tahun, semua anak anak minimal tamat SMA sederajat, bahkan masuk perguruan tinggi dengan program wajib belajar 1 tahun. Dengan mengusung program tersebut  artinya kita dapat  meningkatkan mutu pendidikan di Sumsel,” tambah Riza Fahlevi.

Dikatakannya bahwa tanpa adanya koordinasi antara guru, Kepala sekolah dan pengawas  tidak akan tercapai suatu program yang sudah kita canangkan dan sepakati bersama. Dijelaskannya dengan adanya koordinasi semua pihak Insya Allah visi dan misi Bapak Gubernur “Sumsel Maju Untuk Semua” dapat kita capai dengan mudah di dunia pendidikan ini.
Karena semakin tingginya jenjang pendidikan yang ada saat ini, maka akan mengurangi angka  pengangguran yang tinggi,” tandasnya.

Lebih lanjut Riza Fahlevi menjelaskan untuk mewujudkan visi dan misi Bapak Gubernur harus dibangun kekompakan antara semua pihak. Dirinya mengajak kepada seluruh Jajaran Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan. “Mari kita menjaga kekompakan di dalam menjalankan tugas pokok fungsi, serta  melakukan komunikasi, konsultasi.
Kemudian bagaimana caranya agar dapat sukses sebagai ASN, Pengawas, Kepsek, Kabid, Kasi, Sekretaris dan guru dalam menjalankan tuganya”.

Untuk mencapai kesuksesan tersebut , dijelaskan oleh   Riza Fahlevi, ada beberapa kiat dan rumus yang harus kita pertahankan, yang pertama kita harus pandai dalam memanfaatkan waktu. 

Kemudian yang kedua “Tugas ini merupakan  tugas rutin, baik sebagai pengawas, kepsek, kabid, kasi, sekretaris. Mulailah dengan niat yang  tulus, dan pandai- pandailah dalam berkomunikasi di dalam suatu pergaulan. Kemudian, berikan pelayanan yang baik, dan  tolong pelihara sikap ramah kepada masyarakat. Karena bapak Gubernur Sumsel juga sangat ramah dengan masyarakat,” terangnya.(dre)