Pembangunan Ponpes Lansia Husnul Khatimah Kiai Marogan Terus Dikebut

Pembangunan Ponpes Lansia Husnul Khatimah Kiai Marogan Terus Dikebut
Poto:  Ketua Gerakan  Wakaf Jemaah  Pembebasan Lahan Pesantren Kiai Marogan  dan pembangunan , HA Rasyid Ali dan Mudir PPL Husnul Khotimah Kiai Marogan, Ustadz H Masagus Ahmad Fauzan SQ

PALEMBANG, MEDIASRIWIJAYA - Pembangunan Pondok Pesantren (Ponpes) Lansia Husnul Khatimah, Kiai Marogan, Talang Betutu Palembang terus dikebut.
Menurut Ketua Gerakan Wakaf Jemaah Pembebasan Lahan Pesantren Kiai Marogan dan pembangunan, HA Rasyid Ali mengatakan untuk progres penggalangan dana pembangunan Ponpes Lansia Husnul Khatimah, Kiai Marogan menurutnya sudah berjalan enam bulan mulai dari Agustus, September 2019 sampai sekarang dan sudah menghimpun dana dari 632 pewakaf dari seluruh Indonesia dan sebagian dari luar negeri seperti Singapura, Malaysia, Hongkong, Taiwan, Arab Saudi.
“Kami ucapkan terima kasih kepada mereka dan alhamdulilah dari dana yang terkumpul kita bisa membebaskan 4000 meter persegi yang berada di belakang bersebelahan dengan ponpes Tahfidz Kiai Marogan yang khusus anak-anak,  jadi wilayah ini nanti ada pesantren tahfidz untuk anak-anak sebelahnya pesantren lansia umur 55 tahun ke atas, jadi sudah dibebaskan dan lagi dalam proses untuk merancang dan membangun kira-kira apa yang diperlukan untuk mereka bisa nyantri di pesantren kita ini, pesantren umat ini sudah lebih nyaman lagi,” katanya, Minggu (21/2).
    
Pihaknya berterima kasih kepada dukungan donatur dan pihaknya membutuhkan dukungan lanjutannya karena ini tahap pertama 4000 meter dan selebihnya masih ada lagi sekitar satu suratnya 1,5 hektar lagi kurang lebih 3 sampai 4 hektar bisa dibebaskan. “Kita yakin dengan kekuatan wakaf umat ini, kita bisa membebaskan dengan kekuatan wakaf bersama dan kita sudah bangun beberapa kamar contoh asrama lansia yang berstandarkan sesuai  ansia,” katanya.
    
Pihaknya juga akan melakukan launching untuk penerimaan pembukaan dari proses belajar ponpes lansia ini dimana pihaknya butuh waktu 2 sampai 3 bulan ke depan baru bisa dioptimalkan.
“Proses harus tetap berjalan mereka belajar, pembangunan berjalan, karena tidak mungkin kita harus menunggu selesai semua, yang mau daftar sudah sangat banyak namun kita batasi karena kapasitas yang kita miliki baru masih di bawah 10 orang karena baru ada dua kamar, Insya Allah ke depannya setidaknya kita punya 2 sampai 30 kamar yang bisa dihuni 2 sampai 4 orang dalam satu kamar,” katanya.
Menurut Mudir PPL Husnul Khotimah Kiai Marogan, Ustadz H Masagus Ahmad Fauzan SQ kini mengakui sudah ada lahan yang dibebaskan yang letaknya di sebelah Ponpes Tahfidz Kiai Marogan, Talang Betutu Palembang. “Sudah ada bangunan yang sudah dibangun, sudah dibangun  untuk wismanya tapi Insya Allah dimulai hari ini setiap minggu akan ada kajian ibu-ibu,” katanya.
Walaupun demikian dia mengakui masih banyak pekerjaan rumah untuk pembangunan ponpes lansia ini karena pembebasan lahan masih lanjut, asrama, wisma, klinik, masjid bertahap di bangunan, Insya Allah,” katanya.
    
Pihaknya juga masih membutuhkan donatur untuk pembangunan ponpes lansia ini.“Istilahnya itu kita peduli dan kita perhatikan untuk orang tua-tua ya, mereka kan sejak pandemi ini tidak sempat ada di masjid-masjid di majelis-majelis, karena itulah mungkin bagi yang ingin menghabiskan sisa usianya itu dengan belajar agama lebih intens kita siapkan sarananya,  bahkan bisa mondok,” katanya.
Selain itu yang mendaftar menurutnya sudah banyak untuk ponpes lansia ini namun belum dimulai dan menurutnya mungkin minggu depan setelah bangunannya selesai.“Asrama kita bakal butuh banyak, makanya kalau ada yang ingin berwakaf lokal-lokal asrama untuk lansia kita ingin,” katanya. (rel)