PEMBANGUNAN JEMBATAN DI LAHAT DIRESMIKAN GUBERNUR SUMSEL

PEMBANGUNAN JEMBATAN DI LAHAT DIRESMIKAN GUBERNUR SUMSEL
Gubernur Sumsel H Herman Deru sedang melakukan prosesi peletakan batu pertama pembangunan jembatan

LAHAT, MEDIASRIWIJAYA - Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru bersama rombongan dalam rangka kunjungan kerja di Kabupaten Lahat, melaksanakan peresmian sekaligus peletakan batu pertama pembangunan jembatan di Kabupaten Lahat tepatnya di Desa Ulak Lebar Kecamatan Lahat, Sabtu (22/8). 

Acara peletakan batu pertama dan peresmian pembangunan jembatan di Kabupaten Lahat ini dihadiri Bupati Lahat Cik Ujang SH bersama Wakil Bupati Lahat H. Haryanto SE. MM. MBA, Dandim 0405/Lahat  Letkol Kav. Shawaf Al Amin SE. MSi, Kapolres Lahat AKBP. Ahmad Gusti Hartono SIK, Ketua DPRD Lahat Fitrizal Homizi ST, Camat Lahat Selamat, Kepala Desa dan undangan lainnya. 
Kepala Dinas  PU Bina Marga dan Tata Ruang Provinsi Sumsel Budi Darma menerangkan, Program Pembangunan Infrastruktur jalan dan jembatan di Kabupaten Lahat pada tahun anggaran 2020 dengan beberapa kegiatan di antaranya, Pembangunan Jembatan Air Lematang, Pembangunan Jembatan Air Mulak, Pembangunan Jembatan Air Pangi, Serta beberapa ruas jalan yang menjadi kewenangan Provinsi Sumatera Selatan. "Kami Pemerintah kabupaten lahat sekali lagi juga mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada bapak Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru, Pada tahun anggaran 2020 Kabupaten Lahat mendapatkan dana Gubernur Sumatera Selatan untuk program peningkatan jalan, program pembangunan rumah sakit Pratama dan Program Sarana utilitas pedesaan dengan total dana sebesar Rp 20 miliar. Kami juga melaporkan kepada Bapak Gubernur Sumatera Selatan kegiatan tersebut dalam persiapan proses lelang, kami sampaikan kepada bapak Gubernur luasnya wilayah Kabupaten Lahat yang terdiri dari 24 Kecamatan dan masih minimnya pendapatan asli daerah Kabupaten Lahat," jelasnya. 

Bupati Lahat Cik Ujang pada kesempatan ini, juga menyampaikan bahwa pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan di wilayah kabupaten Lahat pada tahun anggaran 2020 melalui Dinas PU Bina Marga dan Tata Ruang Provinsi Sumatera Selatan sebesar Rp. Rp. 66.363.450.000. "Kami sudah berkomitmen untuk menuntaskan jalan rusak menjadi jalan mantap. Saya menyampaikan bahwa pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan di wilayah Kabupaten Lahat pada tahun anggaran 2020 melalui Dinas PU Bina Marga dan Tata Ruang Provinsi Sumatera Selatan sebesar Rp. Rp. 66.363.450.000, "cetusnya.

Terdapat 5 ruas jalan dan jembatan, dilanjutkan Cik Ujang, kewenangan Provinsi yang ditingkatkan pada tahun ini bertujuan untuk meningkatkan mobilitas masyarakat dalam rangka mendukung roda perekonomian masyarakat Kabupaten
Lahat. "Pembangunan jembatan Air Mulak juga kita tangani pada tahun ini sebagai tindak lanjut dari adanya
musibah bencana alam pada awal tahun 2020 lalu, jembatan darurat segera kita ganti dengan pembuatan permanen, pembangunan jembatan Air Lematang senilai lebih kurang Rp 20 miliar juga kita bantu pada tahun ini, agar segera dapat dimanfaatkan oleh masyarakat", ungkapnya. 

Acara dilanjutkan penyerahan bantuan secara simbolis dari Gubernur Sumsel Kepada blBupati Lahat, didampingi Wakil dan Ketua DPRD Lahat. 

H. Herman Deru dalam sambutannya mengatakan, Kabupaten Lahat banyak sumber daya alam tetapi tertutup oleh Provinsi, berkat lobian Bupati Lahat  bisa melaksanakan pembangunan di Kabupaten Lahat. "Jangan kita memaksakan masyarakat untuk membayar pajak, tetapi jalan rusak di mana- mana, ini yang tidak benar, saat ini pembayaran pajak kendaraan saya bebaskan dalam satu bulan ini, saya minta kepada unsur yang ada di Kabupaten Lahat bedakan dulu proses dan produk. Saya minta tolong kepada forkopimda untuk mengawasi pembangunan provinsi yang ada di Kabupaten Lahat, jangan sampai ke jalur hukum baru kita awasi. Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim pembangunan jembatan di Kabupaten Lahat resmi dimulai,"ujarnya. (Prima)