Pascasarjana UPGRI Palembang Kembali Lahirkan 106 Magister Baru, Siap berkontribusi Majukan Dunia Pendidikan

Pascasarjana UPGRI Palembang Kembali Lahirkan 106 Magister Baru, Siap berkontribusi Majukan Dunia Pendidikan
foto: diah/ms - Suasana yudisium Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, Selasa (2/2).

PALEMBANG, MEDIASRIWIJAYA.COM - Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang Gelar Yudisium ke-30 periode pertama, Selasa (2/2). Sebanyak 106 Magister baru program studi Manajemen Pendidikan secara resmi dilantik oleh Plt Direktur PPs Dr Syaiful Eddy, M.Si di aula Drs. H. Aidil Fitri Syah gedung  Business & Science Center.  Turut hadir dalam acara yudisium Ketua YPLP- PT PGRI Sumsel, Hj Meilia Rosani,SH.,MH, Rektor Universitas PGRI Palembang Dr.  H. Bukman Lian, MM. M.Si., CIQaR. beserta jajaran wakil rektor I,II dan III, para dekan di lingkungan UPGRI Palembang, serta tamu undangan lainnya.

Dalam pelaksanaan yudisium ini dilakukan tatap muka dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19, Semua peserta yudisium dan tamu undangan diwajibkan menggunakan masker ditambah dengan face  shield,  sebelum memasuki ruangan yudisium para peserta juga diwajibkan untuk mencuci tangan dan diukur suhu tubuh. Tak hanya itu, jarak antar peserta yudisium juga diatur sesuai dengan protokol kesehatan. 

Dijelaskan Plt Direktur Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang Dr Syaiful Eddy, M.Si Yudisium ke-30 periode pertama ini sangat luar biasa, dari keseluruhan peserta yudisum 90 % lulus dengan indeks prestasi kumulatif (IPK) predikat dengan pujian, hal ini tidak terlepas dari usaha yang telah dilakukan program studi maupun universitas dengan menggalakkan baik itu pelatihan penulisan skripsi maupun tesis, juga pelatihan penulisan artikel ilmiah hingga seminar internasional. "Semua ini kita lakukan untuk meningkatkan mutu kualitas lulusan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang,” ujar Syaiful.    

Untuk itu Syaiful Eddy berharap seluruh alumni dapat menjaga nama baik almamater baik di masyarakat, lingkungan keluarga hingga lingkungan kerja. "Kami berharap nantinya alumni program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang mempunyai paradigma juga pemikiran sebagai seorang magister, sehingga dapat mengamalkan ilmu yang telah diperoleh selama masa pendidikan di lingkungan kerja, keluarga hingga masyarakat dengan baik,” ucapnya. 

Peserta Yudisium yang diwakili oleh Poniran, M.Pd. mengucapkan terimakasih kepada pihak Yayasan dan Universitas PGRI Palembang atas bimbingan dan pendidikan yang telah diberikan. Atas nama para peserta Yudisium mengucapkan terimakasih yang sebesar besarnya kepada Rektor Universitas PGRI Palembang yang telah memberikan kesempatan untuk menimba ilmu di Universitas yang memiliki motto “Melaju dengan Mutu”
 
Rektor Univeritas PGRI Palembang, Dr. H. Bukman Lian, MM. M.Si., CIQaR. mengatakan sebagai  akademisi haruslah mampu membuat jurnal ilmiah. Untuk itu, pihaknya akan terus mendorong mahasiswa untuk membuat jurnal. "Ini akan terus kita dorong untuk mahasiswa lainnya. Publikasi jurnal ilmiah merupakan amanah dari Permendikbud No.3 tahun 2020 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Ini peraturan baru, jadi mereka yang Yydisium itu wajib untuk publikasi minimal jurnal nasional hingga Internasional, dan kita Universitas PGRI Palembang siap untuk itu," ujar Bukman. 

Di tempat yang sama Ketua YPLP- PT PGRI Sumsel, Hj Meilia Rosani,SH.,MH` mengungkapkan pihaknya telah mengharuskan mahasiswa Strata 2 untuk mengikuti regulasi peraturan-peraturan yang berlaku sekarang. "Bahwa memang itu persyaratan bagi lulusan Strata dua (S2) agar mereka dapat menulis karya ilmiah dan kami dari Yayasan maupun Universitas harus menyiapkan SDM-SDM kita untuk membantu mahasiswa agar mereka dapat mengikuti dan menulis lebih baik lagi. Lalu dapat menyalurkan tulisan-tulisan mereka baik jurnal nasional maupun internasional," ujarnya. (iah)

Rektor Universitas PGRI Palembang

Hj Meilia Rosani SH MH, Ketua YPLP PT PGRI Sumsel (kiri)

Direktur Pascasarjana Universitas PGRI Palembang

Asisten Direktur Pascasarjana UPGRI Palembang

foto bersama para peserta yudisium

Foto bersama para peserta yudisium yang mendapat predikat Dengan Pujian