Pandemi Covid-19 Orgil Berkeliaran

Pandemi Covid-19 Orgil Berkeliaran
Foto: IST - Salah satu orang gila yang berkeliaran di kawasan Banyuasin

BANYUASIN, MEDIA SRIWIJAYA -- Di masa pandemi Covid - 19 sekarang ini, wilayah Bumi Sedulang Setudung banyak ditemukan gelandangan, pengemis dan orang gila (Orgil). Lebih lagi yang membahayakan masyarakat, orang gila yang membawa benda tumpul ketika berjalan di sepanjang Jalan Desa Palajau Kecamatan Banyuasin III yang berkeliaran, Rabu (18/11).

Tak jarang, orang yang mengenakan pakaian compang- camping tersebut, mengancam warga dengan cara melempari menggunakan batu dan kayu. Bahkan, orgil tadi nekat mengadangkan badannya ke badan jalan apabila kendaraan mobil lewat. "Takut kalau orang gila ini bawa batu," kata warga Topik seraya berucap kalau tidak segera diamankan bisa membuat keresahan masyarakat.

Beberapa hari ini ada kendaraan yang nyaris kecelakaan akibat menghindari orang gila dari tengah jalan. "Kalau ditabrak mobil siapa yang bertanggung jawab," ungkap Topik yang berharap pihak pemerintah segera menertibkan orang gila yang berkeliaran semakin banyak.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Banyuasin Alamsyah Rianda mengakui adanya gelandangan, pengamen jalanan, dan orang gila berada di beberapa tempat di Banyuasin. Membahayakan lagi, orang gila yang membawa benda yang dikhawatirkan akan secara tiba-tiba menyerang warga. "Akan dikoordinasikan dengan Satuan Pol PP Banyuasin, untuk menertibkan orang gila dan pengemis. Diharapkan kepada masyarakat Banyuasin, untuk tidak menberikan sumbangan kepada pengemis agar mereka tidak menjamur. Kalau memang mau bersedekah, sedekahlah pada orang yang memang membutuhkan," ungkap Alamsyah. (ydp)