Pande Besi Vs Satgas TMMD Kodim Pati

PATI,MEDIASRIWIJAYA – Berbagai program kegiatan TMMD, Anggota Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 111 Kodim 0718/Pati mengunjungi warga yang membuat kerajinan dengan bahan besi.

Dengan menggali potensi di Desa Tamansari ada warga yang membuat kerajinan berupa Sabit. “Saya menemukan warga yang membuat kerajinan Sabit dan lainya,” kata Serda Muslimin, Selasa (08/06/2021).

Dikatakan, Karjo (65) warga Rt.04/Rw.02 Desa Tamansari, Kecamatan Jaken, Kabupaten Pati, kerajinan Membuat Sabit ini sudah di jalani semenjak masih Lajang karena merupakan tradisi dan warisan dari leluhurnya. “Sehingga ketrampilan membuat sabit dapat lestari sampe sekarang, sabit di buat dari satu atau dua jenis besi yang di tempa,” imbuhnya.

ia menambahkan, untuk peralatan Sabit parang cangkul cukup banyak akan tetapi untuk proses pembuatan masih menggunakan cara lama. sedangkan produk sabit sendiri di gunakan untuk motong rumput, padi, dan lain lain, yang mana pembuatan produk tersebut yang selama ini menopang kehidupan para perajin. (Pendim 0718)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *