OKUT Targetkan  Produksi  1 Juta Ton  Gabah Kering

OKUT Targetkan  Produksi  1 Juta Ton  Gabah Kering

OKU TIMUR, MEDIASRIWIJAYA - Bumi Sebiduk Sehaluan  melakukan  Panen Raya Padi IP-200 dan tanam IP -  300 bersama Menteri Pertanian  RI dan  Gubernur  Sumatera Selatan  di lahan Irigasi Desa Sri Kanton  Kabupaten OKU Timur. 
Bupati OKU Timur H Lanosin Hamzah ST mengatakan  saat ini Kabupaten  OKU Timur  merupakan kabupaten  dengan tingkat produktivitas padi tertinggi  di Sumsel dan termasuk dalam 15  kabupaten  kota penghasil beras tertinggi  secara nasional. 
 Kabupaten  OKU Timur lanjut Enos optimis akan mampu mencapai target  produksi  padi 1 juta ton  gabah kering giling  dan mampu masuk dalam  10 besar  Kabupaten   penghasil  beras tertinggi secara nasional,  hasil ini tidak terlepas dari sinergitas  antara petani dan pemerintah. 
"Produksi padi yang tinggi  tersebut tidak diiringi dengan harga  penjualan  gabah dan beras yang sesuailah,  dan bahkan jauh di atas rata -rata l,  sehingga  berdampak  pada pendapatan  dan kesejahteraan  masyarakat  khususnya petani, "terangnya,  Sabtu (3/4).
Masih dikatakan Enos perlu adanya kebijakan  pemerintah  dalam  hal ini pemerintah  BUMD melalui Perum Bulog untuk  menyerap dan menetapkan standar harga yang sesuai dengan harga pemerintah sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan petani. 
Gubernur Sumsel H Herman Deru mengungkapkan infrastruktur pertanian sejak zaman Belanda sudah ada BK, dan sekarang juga sudah ada irigasi Upper Komering. Inovasi yang sudah dilakukan di Sumsel salah satunya efisiensi anggaran. 
Selain itu, dilakukan pula program listrik masuk sawah dan memanfaatkan sumur bor untuk mendukung kebutuhan air sawah. Saya sudah memanggil Bulog untuk membuka gudangnya dan membeli beras petani, meskipun hari libur gudang tetap Bulog harus tetap buka. 
Sementara itu, Menteri Pertanian H Syahrul Yasin Limpo mengatakan Gubernur Sumsel Herman Deru merupakan salah satu Gubernur di Indonesia yang paling konsen dalam bidang pertanian. "Gubernur yang konsen, fokus dan kepo di bidang pertanian tidak lain adalah Gubernur Sumsel. Pertanian begitu keras didorong pemerintah. Namun demikian bidang pertanian ini tidak bisa dikerjakan sendirian tapi harus bersama-sama," pungkasnya.  (SUS)