Oknum Kontraktor Khilaf Gadaikan Mobil Rental Modus Perpanjang Waktu Sewa

Oknum Kontraktor Khilaf Gadaikan Mobil Rental Modus Perpanjang Waktu Sewa
Foto: Ly - Tersangka oknum kontraktor yang tertunduk lesu

PALEMBANG, MEDIA SRIWIJAYA -  Hanya karena butuh dana untuk sebuah proyek, seorang oknum kontraktor di Palembang menggelapkan mobil rental. Pelaku pengelapan mobil rental, David Amiruddin (50) hanya bisa tertunduk lesu, saat dirinya berhasil diringkus pihak kepolisian dalam hal ini Polsek Sukarami Palembang. Pelaku David Amiruddin, warga Jalan HBR Motik Komplek Raflesia Blok E2 Rt 46 Rw 10 Kelurahan Karya Baru Kecamatan Alang Alang Lebar Palembang, nekat membawa kabur sebuah mobil rental dengan modus memperpanjang waktu sewa mobil rental.

Kejadian berawal, pelaku David menghubungi korban Abdul Roni (36) warga Jalan Sukawinatan Lorong Generasi Kelurahan Sukajaya Kecamatan Sukarami Palembang bersama saksi Hendra sebagai perantara tiba di rumah pelaku dengan membawa satu unit mobil Daihatsu Xenia Nopol BG 1471 II warna putih. "Mobil itu aku rental sama Roni, harga per harinya Rp 325 ribu, selama 10 hari dan uang tanda jadi aku bayar Rp 900 ribu, karena kami ada proyek di Sekayu," ungkap tersangka David, Jumat (2/10).

Oleh korban STNK asli beserta kunci mobil diberikan kepada tersangka, setelah 10 hari berlalu, tersangka kembali memperpanjang masa sewa rental mobil tersebut, dengan mentransfer uang sebesar Rp 1 juta. Korban yang tak curiga memberikan izin kembali, saat tersangka memperpanjang sewa rental mobil untuk ke tiga kalinya, dengan mentransfer uang Rp 700 ribu dan Rp 2 juta. Dengan batas waktu hingga tanggal 30 Juni 2020, tak kunjung dikembalikan ke korban melainkan telah digadai oleh tersangka. "Sudah tiga kali mobil itu aku perpanjang sewanya dan aku bayar, karena butuh dana untuk proyek itu, jadi dengan kawan- kawan terpaksa digadaikan, dikira kita gadaikan langsung dapat proyek langsung cair," jelasnya.

Sementara itu, Kapolsek Sukarami Palembanh AKP Satria Dwi Dharma didampingi Kanit Reskrim Ipda Hendri A. membenarkan jika pihaknya telah mengamankan seorang pelaku pengelapan modus rental mobil. "Iya benar, saat ini tersangka sudah kita amankan, dan masih dalam proses penyelidikan anggota. Atas pembuatan tersangka kita jerat dengan Pasal 372 KUHP dengan ancaman 4 tahun penjara," ujar AKP Satria. (Ly)