MELALUI TMMD REGULER KE 108 KODIM 0729/BANTUL, SEMANGATKAN CITA-CITA GENERASI MUDA DESA SUMBERAGUNG

MELALUI TMMD REGULER KE 108 KODIM 0729/BANTUL, SEMANGATKAN CITA-CITA GENERASI MUDA DESA SUMBERAGUNG

"Generasi muda adalah generasi harapan bangsa".Pernyataan tersebut sangat membanggakan bagi bangsa Indonesia apabila dapat menjadi kenyataan. Masa depan bangsa Indonesia sangatlah ditentukan oleh generasi muda bangsa ini. Oleh karena itu, setiap generasi muda Indonesia terutama yang masih berstatus pelajar merupakan faktor penting yang sangat diandalkan oleh bangsa Indonesia dalam mewujudkan cita-cita bangsa dan juga mempertahankan kedaulatan bangsa.

Dalam upaya mewujudkan cita-cita dan mempertahankan kedaulatan bangsa ini tentu akan menghadapi banyak permasalahan, hambatan, rintangan, dan bahkan ancaman yang harus dihadapi. Masalah-masalah yang harus dihadapi itu beraneka ragam. Banyak masalah yang timbul sebagai warisan masa lalu, masalah yang timbul sekarang, maupun masalah yang timbul dimasa depan Negara kita. Peranan generasi muda sangat berpengaruh dalam mengatasi masalah-masalah tersebut.Salah satunya adalah dengan berkontribusi positif mencintai Indonesia.

Namun, masyarakat awam kurang memahami apaitu kontribusi.Masyarakat awam mengartikan kontribusi hanya sebagai sumbangan.Padahal, pengertian kontribusi secara umum adalah sesuatu yang dilakukan untuk membantu menghasilkan atau mencapai sesuatu bersama-sama dengan orang lain, atau untuk membantu membuat sesuatu yang sukses.Ketika kita memberikan kontribusi, itu berarti bahwa kita memberikan sesuatu yang bernilai bagi sesama, seperti uang, harta benda, kerja keras, maupun waktu kita.

Dalam hal ini, Kodim Bantul melaksanakan TMMD Reguler ke 108 didesa sumberagung kecamatan jetis bantul dengan tema “TMMD PENGABDIAN UNTUK NEGERI”.TMMD Reguler ke 108 Kodim 0729/Bantul lebih tepatnya dilaksanakan di dusun pangkah dan turi desa sumberagung kecamatan jetis bantul.Tujuan kegiatan TMMD untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta memantapkan kesadaran bermasyarakat, berbangsa, bernegara, bela negara dan disiplin nasional.

Desa sumberagung secara geografi adalahdaerah dengan penghasilan sebagian besar masyarakat diperoleh daribertani, berkebun danberternak. Selain itu desa sumberagung merupakan salah satu desa pra sejahtera di wil kecamatanjetis, dimana terdapat 2 dusun yang memiliki akses jalan penghubung untuk mempermudah masyarakat dalam meningkatkan perekonomian mereka, dengan adanya program tmmd reg ke 108, masyarakat di desa sumberagung menginginkan pembangunan infrastruktur dengan sasaran pembuatan jembatan dan sayap jembatan, yang diharapkan dapat memberi akses jalan untuk masyarakat khususnya masyarakat dusun pangkahdan dusun turi yang dapat digunakan sebagai akses petani dan perkebunan. Harapan besar masyarakat di desa sumberagung yang didukung oleh aparat pemdes dan pemda untuk dilaksanakankegiatan tmmd tersebut telah diwujudkan oleh masyarakat desa sumberagung dengan memberikan sebagian lahan mereka untuk digunakan sebagai sasaran pembuatan jembatan dan sayap jembatan  pada giat tmmd reg ke 108 di wil kodim 0729/bantul.

Tidak hanya sasaran fisik saja, namun juga sasaran non fisik berupa berbagai macam sisialisasi kepada masyarakat diantaranya adalah sosialisasi administrasi kependudukan, kesehatan masyarakat, bela Negara, bahaya narkoba, tertib lalu lintas, penyakit hean menular, budidaya ikan, UU ketenagakerjaan, kesehatan reproduksi remaja, pengolahan sampah, pencegahan dan penanganan pandemic covid-19 (corona).

           “Dalam poin ini, kami menggugah semangat masyarakat dalam ikut serta menjaga keutuhan persatuan NKRI, khususnya bagi para remaja didesa sumberagung untuk terus berperan aktif dalam memajukan desa dan berperan bagi bangsa dan Negara.Bela Negara juga bisa dilakukan salah satunya dengan menjadi TNI.Adanya polemic paradigma yang sempit bahwa bila orang tua petani anak juga harus petani, kami mencoba menepis hal itu terhadap masyarakat desa sumberagung.Karena anak-anak punya cita-cita tersendiri dan berpeluang menjadi generasi penerus bangsa dalam segala hal, baik menjadi TNI, Polri, ASN maupun yang lainnya.” Kata Dandim 0729/Bantul Letkol Kav Didi Carsidi, S.Sos., M.I.Pol.

"Beriaku 1000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya.Beri aku 10 pemuda niscaya akan kuguncangkan dunia."

Begitulah ungkapan Ir.Soekarno yang menegaskan betapa pentingnya peran pemuda dalam kemajuan bangsa dan negara.Baik buruknya suatu Negara dilihat dari kualitas pemudanya, karena generasi muda adalah penerus dan pewaeis banhsa dan negara.Oleh karena itu, generasi muda dapat dikatakan sebagai penggerak perubahan zaman.Generasi muda mempunyai fungsi sebagai agent of change, moral force, sosialcontrol.Agent of change adalah orang-orang yang bertindak sebagai pemicu terjadinya sebuah perubahan.Dalam hal ini, generasi muda dapat memicu perubahan yang positif maupun negatif.

            Saat Penandatanganan Serah Terima dan Berita Acara Pelaksanaan TMMD Reguler ke 108 Kodim 0729/Bantul dari Bupati Bantul Drs. H. Suharsono kepada Dandim 0729/Bantul Letkol Kav Didi Carsidi, S.Sos., M.I.Pol, dengan disaksikan oleh Danrem 072/Pamungkas Brigjen TNI Ibnu Bintang Setiawan, S.I.P., MM. Selasa (30/6). Bupati Bantul menyampaiakan,“Pemerintah kabupaten bantul mempunyai harapan besar agar kemiskinan di bantul dapat terus diturunkan dari waktu ke waktu, sejalan dengan hal itu dalam program tmmd kali ini juga kami dorong agar dapat menjadi salah satu ruang untuk memberikan edukasi kepada masyarakat agar tetap dapat produktif di tengah pandemic covid-19, Saya berharap, dalam tmmd bisa disisipkan program-program yang memberi edukasi dan senantiasa membudidayakan masyarakat untuk berperilaku hidup bersih, sehat baik pribadi maupun lingkungan sehingga diharapkan masyarakat terhindar dari penyebaran penyakit termasuk Covid-19.”

            Sementara itu Danrem 072/Pamungkas Brigjen TNI Ibnu Bintang Setiawan, S.I.P., MM, juga menyampaikan, “Salah satu peran nyata TNI dalam mendukung pembangunan tersebut adalah turut serta pada kegiatan tmmd ke-108 TA 2020 yang akan dilaksanakan di desa Sumberagung Kecamatan Jetis selain mewujudkan kemanunggalan TNI dan rakyat kegiatan tmmd ini juga merupakan Wahana untuk menggelorakan kembali semangat gotong royong rasa cinta tanah air wawasan kebangsaan serta ketahanan nasional guna menjaga keutuhan NKRI kepada masyarakat dan khususnya generasi milenial.”

 Kemanunggalan TNI dengan Rakayat melalui TMMD ini ternyata membuat para anak-anak dan pemuda didesa sumberagung tertarik untuk menjadi TNI. Seperti kedua generasi muda desa sumberagung yaitu Nevanda Akbar Malik Ibrahim (12 Th) seorang siswa SMPN 3 Jetis dan Fikri Muhammad Yasad (7Th) seorang anak yang masih duduk dibangku kelas 1 Sekolah Dasar.

“Semenjak kedatangan TNI dalam TMMD didesa kami, setiap waktu luang saya menyempatkan diri untuk ikut membantu TNI dalam pembangunan desa kami. Tak terasa sudah berlangsung hampir satu bulan, saya semakin dekat dengan TNI dan saya merasakan hal beda dari TNI, yaitu ketulusan dan keikhlasan TNI dalam membantu pembangunan didesa kami, sehingga saya ingin menjadi TNI agar saya juga bisa berbuat terpuji untuk masyarakat serta mengabdi kepada bangsa dan negara Indonesia tercinta ini.” kata Navenda.

 Terpisah, saat seorang anak SD (Fikri) yang sedang ikut santap siang istirahat bersama anggota TMMD, babinsa desa sumberagung Kopda Agus sengaja bertanya kepada Fikri apakah dia bercita-cita menjadi TNI. “Iya Pak, saya pengen jadi TNI. TNI itu baik ya Pak, buktinya mereka tidak berperang saja, tapi juga membantu masyarakat ya pak, saya kira Tentara itu galak-galak pak, ternyata mereka baik-baik dan suka bercanda dengan kami anak-anak dilokasi TMMD. Saya pengen jadi TNI pak biar bisa bantu orang lain dan beguna bagi negara Indonesia.” kata Fikri dengan polosnya.

“Saya merasa bangga dengan para generasi muda desa sumberagung masih ada yang berminat menjadi TNI, saya tegaskan kepada para personil Kodim 0729/Bantul untuk senantisa terbuka kepada masyarakat tentang informasi TNI. Bila ada yang berminat silahkan menanyakan informasi tentang pelaksanaan pendaftaran TNI baik Perwira, Bintara dan Tamtama di Koramil terdekat maupun Kodim. Dan kami siap membimbing dalam pendaftaran TNI karena sekarang pendaftaran melalui online, serta kami juga siap membina fisik bila ada yang berminat dibina fisiknya di Makodim 0729/Bantul dijamin gratis tanpa pungutan apapun.” Tegas Dandim 0729/Bantul Letkol Kav Didi Carsidi, S.Sos., M.I.Pol.

Sinergitas kemanunggalan TNI Rakyat nantinya dapat membentuk kemajuan yang luar biasa dalam mengatasi permasalahan di masyarakat.Semoga dengan kegiatan TMMD ini dapat bermanfaat kepada masyarakat.Kami mengajak kepada warga Bantul semua untuk tetap mematuhi protokoler kesehatan yang sudah di anjurkan oleh pemerintah. Tetap menjaga Pola hidup bersih,  harapan kita semua semoga pandemi Covid 19 ini dapat segera berakir dan dapat kembali normal seperti semula.(Letkol Kav Didi Carsidi, S.Sos., M.I.Pol / Dandim 0729/Bantul)