Masjid di Lubuklinggau Dibuka Salat Jumat dengan Prosedur Protokol Covid-19 

Masjid di Lubuklinggau Dibuka Salat Jumat dengan Prosedur Protokol Covid-19 
Walikota Lubuklinggau menyampaikan sambutan sebelum salat jumat digelar di Kota Lubuklinggau

MUSIRAWAS, MEDIASRIWIJAYA.com - Setelah sempat ditutup selama dua bulan, Masjid Agung As-Salam dan Masjid Agung Al Baari kembali dibuka untuk melaksanakan salat Jumat berjamaah, Jumat (29/5/2020). 

Pantauan di lapangan, Masjid Agung As-Salam baru dibuka setengah jam sebelum salat dimulai. Tampak para petugas kesehatan dan kepolisian disiagakan untuk mengatur para jamaah yang ingin masuk ke halaman masjid. Ketika memasuki halaman masjid, ratusan jamaah dibariskan dengan jarak satu setengah meter. Kemudian satu persatu jamaah diperiksa suhu tubuhnya lalu dilanjutkan dengan memasuki bilik disinfektan. Sebelum masuk ke masjid, masing-masing jamaah diatur oleh petugas berdasarkan kelompok usia. Setiap pengunjung yang masuk ditanya umurnya, bagi yang berusia lanjut dipersilahkan di bagian depan. Tak hanya itu, di bagian luar kanan samping masjid juga disediakan mobil ambulans, lalu di dekat pintu masuk masjid juga disiagakan dua orang petugas medis yang berjaga.

Pembukaan masjid untuk beribadah ini disambut penuh bahagia oleh kaum muslimin Kota Lubuklinggau, salah satunya bernama Ahmad. Ia mengatakan sangat berterima kasih kepada pihak terkait karena masjid sudah bisa melaksanakan salat Jumat. "Alhamdulillah sudah dibuka, karena sudah hampir dua bulan ini tidak salat Jumat. Sekarang bisa salat jumatan berjamaah lagi, kami ucapkan terimakasih kepada pemerintah," katanya. 
Ia pun mengaku, tidak khawatir akan terpapar Covid-19 saat melaksanakan salat Jumat, menurutnya sebelum pelaksanaan salat Jumat pengurus masjid sudah menerapkan aturan sesuai dengan protokol Covid-19. "Ke pasar saja kita berani apalagi di masjid, karena di masjid jauh lebih steril dari pasar, sebelum salat kita sudah mengambil wudhu. Kemudian saat masuk diperiksa dan disuruh masuk bilik disinfektan, jadi kita percaya," terangnya.

Wali Kota Lubuklinggau, SN Prana Putra Sohe sebelum pelaksanaan salat Jumat di Masjid Agung As Salam mengatakan saat ini sinyal dibukanya sejumlah fasilitas sudah dimulai oleh pemerintah pusat bahwa perlahan menerapkan new normal, tapi tetap melakukan protokol kesehatan."Pembukaan masjid ini dilakukan secara bertahap, untuk saat ini hanya masjid-masjid tertentu saja yang dibuka, kurang lebih untuk sementara ada enam masjid khusus di sepanjang jalan lintas ini," ungkapnya. Wako menyampaikan, untuk perdana ini akan dilihat apakah protokol medisnya bisa menata sesuai dengan protap medis, ke depan apabila ada yang kurang akan diperbaiki lagi. "Kemudian untuk pengajian-pengajian rutin dan pengajian akbar belum kita buka, nanti bertahap," tandasnya.
Tidak hanya di Masjid Agung As Salam, masjid besar lainnya seperti Masjid Agung Al Bari di depan Mapolres Lubuklinggau dan Masjid Baitul A'la depan eks perkantoran Pemkab Musi Rawas Taba Pingin juga dilaksanakan salat Jumat. Shaf jamaah diatur sedemikian rupa sesuai dengan protokol Covid-19. Selain itu sebelum masuk ke masjid dilakukan tes suhu tubuh. (mud)