Legen, Minuman Segar Alami tanpa Bahan Pengawet

PATI,MEDIASRIWIJAYA- Suraman (72), warga Dukuh Kemiri RT.01/02 Desa Tamansari, Kecamatan Jaken, Kabupaten Pati, yang kesehariaannya adalah penjual legen yang mangkal dipinggir jalan raya Jaken – Batangan Kabupaten Pati.

Legen adalah sejenis minuman yang berasal dari pohon kelapa, siwalan atau aren, yakni dengan cara menyadap pelepah bunga dari pohon tersebut. Berwarga putih tapi tidak kental seperti susu dan berasa manis. Sebagian Wilayah Kabupaten Pati yang berbatasan dengan kabupaten Rembang bagian selatan banyak warga yang membudidayakan pohon siwalan sebagai bahan minuman legen ataupun diambil buahnya yang masih muda untuk dijual.

Serda Sukarji anggota Satgas TMMD Reguler Kodim Pati, saat dia pulang dari lokasi pengerjaan sasaran fisik TMMD tertarik untuk mencoba dan membeli minuman legen yang dijajakan Suraman. Pasalnya dilokasi pengurukan jalan cuacanya sangat panas, Selasa (08/6/2021) “Alhamdulillah, dahaga hari terobati dengan segelas legen yang segar. Harga murah meriah, minum alami tanpa bahan pengawet,” kata Sukarji sambil menikmati sisa-sisa legen dari dalam gelas.

Sementara Suraman juga mengucapkan terima kasih kepada Sukarji yang telah membeli legen dagangannya. “Terimakasih pak, sudah mampir di tempat mangkal saya. Lain waktu mampir lagi ya, nanti tak bawakan buah siwalan,” tutur Suraman dengan raut wajah gembira. (0718)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *