Lauching Pemasangan Stiker Hologram Tanda Lunas Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor 

Lauching Pemasangan Stiker Hologram Tanda Lunas Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor 
foto: IST 0 Gubernur Sumsel sedang memasang stiker

PALEMBANG, MEDIA SRIWIJAYA - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) melauncing Pemasangan Stiker Hologram Tanda Lunas Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor, pertama di Indonesia. Bertempat di Kantor Bersama Samsat Wilayah 1 Palembang, Jalan Kapten A Rivai Palembang, Jumat (26/2).

Acara dihadiri langsung oleh Gubernur Sumsel H Herman Deru, Waka Polda Sumsel Brigjen Pol Rudi Setiawan, Ketua DPRD Sumsel R.A. Anita Noeringhati. Dan Mustakim Direktur Kepatuhan Bank Sumsel Babel. "Sumatera Selatan merupakan Provinsi pertama di Indonesia yang memasang stiker hologram tanda lunas pembayaran pajak kendaraan bermotor," ungkap H Herman Deru Gubernur Sumsel.

Gubernur Sumsel, di hadapan tamu undangan, menjelaskan jika hadirnya Stiker Hologram ini sebagai bentuk reward bagi warga masyarakat yang tertib membayar pajak kendaraan baik sepeda motor maupun mobil. "Pajak daerah kita akan ingat PAD, itu pajak dan distribusi dan pendapatan- pendapatan yang sah, apa yang kita giatkan pagi ini untuk mengoptimalisasi poin pertama. Pajak tahunan inilah sebagai servisnya kita memberikan reward berupa stiker hologram di plat kendaraan, " jelas Gubernur.

Bukan hanya itu ia juga menjelaskan akan manfaat dan kelebihan akan stiker hologram pada kendaraan. "Kelebihannya pasti dia dianggap orang sekitar sebagai orang yang patuh, membayar pajak," ingatnya.

Bahkan Gubernur mengingatkan jika dari temuan masih ada oknum kendaraan- kendaraan plat merah yang tidak patuh membayar pajak kendaraan. "Pajak dan service itu harus sejalan harus berimbang. Jadi tidak bisa kita menekan dengan cara memberikan sanksi. Tadi sudah saya tekankan instruksikan dimulai dari kendaraan kendaraan milik aparatur Pemerintah plat merah. Saya minta untuk ditertibkan untuk pembayaran pajak di seluruh pemerintah dari Desa Kecamatan Kabupaten Kota termasuk kendaraan-kendaraan aset Pemerintah Daerah Sumsel, agar kita menjadi teladan bagi masyarakat jangan ada istilah Kejarkoni iso ngajar gak iso melakoni," tegasnya.

Hal senada juga disampaikan Kepala Bapenda Provinsi Sumsel Neng Muhaiba yang menjelaskan jikalLouncing Stiker Hologram Tanda Lunas Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor merupakan inisiatif Gubernur Sumsel H Herman Deru. "Pemasangan ini atas inisiatif dari Bapak Gubernur Sumatera Selatan dan menginstruksikan kepada Kapolda Sumsel untuk lebih intensif dalam melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap pemungutan pajak kendaraan bermotor," jelasnya.

Atas ide dan gagasan Gubernur Sumsel Herman Deru, terciptalah inovasi barbasis teknologi, yang terhubung langsung dengan Aplikasi Samsat yang berisi informasi data kendaraan bermotor jatuh tempo PKB lokasi proses pembayaran PKB nomor SKPD atau notif dan lokasi kendaraan dapat dilakukan pengecekan melalui smartphone secara cepat dan mudah hanya berlaku 1 tahun setiap pembayaran pajak kendaraan bermotor.

"Ini menggunakan kode keamanan yang tinggi, security printing yang tidak dapat dipalsukan dan hanya dapat ketika dilakukan pencetakan notice SKPD pajak kendaraan bermotor tersebut, Inovasi pemasangan stiker berbasis teknologi ini merupakan pertama di Indonesia dan di seluruh Indonesia atau di seluruh Kantor Bersama Samsat di Indonesia," jelas Neng.

Hal ini bertujuan untuk mengoptimalkan PAD (Pendapatan Asli Daerah) untuk mendukung pembangunan Sumsel. "Dalam rangka optimalisasi PAD, bertujuan untuk meningkatkan kesadaran wajib pajak dalam melakukan pembayaran PKB, mempermudah bagi petugas di lapangan dalam mengidentifikasi kendaraan bermotor dan dan upaya mencari wajib pajak yang belum membayar pajak," ujarnya.

Hal senang juga disampaikan Mustakim, Direktur Kepatuhan Bank Sumsel Babel, selaku fasilitator terlaksananya inovasi teknologi tersebut sangat mendukung penuh. "Bank Sumsel kita memsupport di samping dalam penerimaan pembayaran pajak secara langsung, apalagi kita sudah membuka konter di sini (Samsat) sudah lama, sekarang diperluas dengan menyediakan fasilitas salah satunya melalui ATM. Kita sport dalam hal mudah pembayaran pajak bagi wajib pajak. Bagi bank Sumsel Babel tetap memfasilitasi untuk mempermudah pembayaran pajak, kita suppot karena ini upaya pemerintah untuk meningkatkan dari sisi pembayaran pajak kendaraan." ujarnya. (Ly).