Koperasi Komoditas Unggulan Kab Empatlawang Dilaunching

Koperasi Komoditas Unggulan Kab Empatlawang  Dilaunching
foto : Lauching (peluncuran) Koperasi Komoditas Unggulan Kabupaten Empat Lawang, yakni Koperasi Usaha Durian Terpadu Tebing Tinggi, di aula Diskop UMKM Nakertrans Kabupaten Empat Lawang, Rabu (23/12). Foto : rodi (Media Sriwijaya).

EMPAT LAWANG, MEDIA SRIWIJAYA - Koperasi Komoditas Unggulan Kabupaten Empat Lawang, yakni Koperasi Usaha Durian Terpadu Tebing Tinggi, resmi dilaunching dalam suatu kegiatan di aula Dinas Koperasi, UMKM, Tenaga Kerja, dan Transmigrasi (Diskop UMKM Nakertrans) Kabupaten Empat Lawang, Rabu (23/12).

Pelaksanaan lauching dilakukan Staf Khusus Bupati Empat Lawang, Ir H Suharli M Yamin didampingi Kepala Diskop UMKM Nakertrans Kabupaten Empat Lawang, Aidil Yuliansyah.

Dalam kesempatan itu, Kepala Diskop UMKM Nakertrans Kabupaten Empat Lawang, Aidil Yuliansyah menyampaikan, pada tahun anggaran 2020 ini, Diskop UMKM Nakertrans Kabupaten Empat Lawang, melaksanakan pembentukan koperasi komoditas unggulan fokus di Kecamaatan Tebing Tinggi. "Pembentukan koperasi unggulan ini, tujuannya untuk mendukung visi/misi Bupati dan Wakil Bupati Empat Lawang, mewujudkan Empat Lawang MADANI," kata Aidil Yuliansyah.

Lebh lanjut disampaikannya, proses pembentukan koperasi komoditas unggulan ini, dimulai dengan mendatangi petani penampung panen di Kecamatan Tebing Tinggi. "Secara kelembagaan tim yang dibentuk, terjun langsung ke lapangan mulai dari Juni - Agustus. Artinya, kita terlebih dahulu sudah survei, bagaimana ke depan setelah koperasi ini terbentuk, orang-orangnya tidak sekadar ada nama di kepengurusan koperasi, tapi benar-benar andil menjalankan koperasi itu sendiri," terangnya.

Diharapkannya, terbentuknya koperasi komoditas unggulan tersebut, mampu memaksimalkan pengelolaan komoditas unggulan menjadi lebih baik, bahkan komoditas unggulan yang dalam hal ini adalah durian, dikelola dengan bermacam-macam produk turunan untuk ditingkatkan nilai jual dan dapat bersaing dengan produk sejenis dari daerah lain, yang muaranya mensejahterahkan petani.

Sementara, Staf Khusus Bupati Empat Lawang, Ir H Suharli M Yamin dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas terbentuknya koperasi produk unggulan, Koperasi Usaha Durian Terpadu.

Pada kesempatan itu, Suharli mengingatkan semua pihak yang berkepentingan dalam koperasi ini untuk meluruskan niat, agar ke depan terbentuknya koperasi ini dapat dapat memperbaharui perubahan masa depan melalui berbagai unit usaha koperasi ini, menjadi yang lebih baik. "Dalam pengalaman saya, yang paling sulit itu bukan meningkatkan keterampilan, karena meningkatkan keterampilan tidak memerlukan waktu yang lama," jelas dia.

Namun yang paling sulit sebut dia, mengubah mindset, atitude, sikap dan mental dalam memandang koperasi sebagai wadah dalam upaya meningkatkan taraf hidup lebih baik. "Banyak orang punya kemampuan dan keterampilan, tapi tidak cukup berani menjadi seorang entrepreneur. Karena soal mindset dan atitude. Inilah yang menyebabkan banyak pelaku usaha, UMKM yang tidak bertahan, juga menyebabkan banyak koperasi tinggal papan nama," imbuhnya.

Melalui kesempatan ini dia mengajak semua pengurus dan anggota koperasi untuk mengubah diri dengan meniatkan diri menjadikan koperasi untuk secara bersama-sama menjadi ikhtiar untuk memperbaiki kehidupan bersama. (rodi)