Kasus Terkonfirmasi Positif Covid-19 di Lahat Makin Meningkat

Kasus Terkonfirmasi Positif Covid-19 di Lahat Makin Meningkat

LAHAT, MEDIASRIWIJAYA  - Update data yang direlease Posko Gugus Tugas Covid-19 di Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Lahat, Sabtu tanggal 22 Agustus 2020 merupakan catatan terburuk sepanjang sejak masa pandemi Covid-19 merongrong situasi kehidupan di Kabupaten Lahat beberapa bulan lalu. Ini adalah jumlah terbanyak kasus terkonfirmasi positif covid-19, dengan angka 40 orang. Bahkan yang meninggal, pun bertambah menjadi 3 orang.

"Kalau kemarin data menunjukan sebanyak 31 orang konfirmasi positif, ini bertambah lagi 9 kasus. yang masing-masing dari Kecamatan Lahat, Merapi Timur, Kikim Timur dan Merapi Barat. Maka jumlahnya menjadi 40 kasus", terang Ketua Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Lahat, Cik Ujang, SH didampingi Kadinkes, Ponco Wibowo, SKM, MM melalui Juru Bicara (Jubir)nya, Taufik Maryansah Putra, SKM MM.

Dari jumlah itu, ada kasus yang sembuh 22 orang, masih proses 15 orang. Sedangkan yang meninggal, kemarin cuma 1 kasus, bertambah 2 lagi menjadi 3 kasus meninggal. "Yang meninggal ini masing-masing dari suspek dalam Kecamatan Lahat yang hasil swabnya baru keluar, setelah meninggal. Satu lagi dari Merapi Barat dirawat di Palembang yang meninggal kemarin juga. Untuk kasus yang lain, ada yang dari Kecamatan Lahat, Kikim Selatan. Bahkan ada yang baru melakukan perjalanan dari Pulau Jawa, ini karyawan sebuah perusahaan", imbuhnya.

Untuk yang terdata kasus suspek yang masuk dalam kategori Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP), berjumlah 150 orang. 146 orang sudah selesai proses dan 4 orang masih dalam proses. Kemudian untuk yang kontak erat hasil tracking berjumlah 466 orang yang masih proses berjumlah 148 orang, 2 orang selesai proses. Terus yang probable (berbagai kemungkinan), itu berjumlah 9 orang."Dengan kondisi ini, pihak Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Lahat berharap, agar kasus ini tidak bertambah lagi. Dan kepada masyarakat, jangan terlalu khawatir, patuhilah semua protokol kesehatan yang telah dianjurkan pemerintah pusat dan daerah. Terpenting, kita selalu optimis, agar imun tubuh kita tetap kuat, berdoalah selalu agar kita semua terhindar dari virus ini,"ujar Taufik. (Prima)