Kapolda Sumsel Pimpin Sertijab 8 Pejabat Utama dan Empat Kapolres 

Kapolda Sumsel Pimpin Sertijab 8 Pejabat Utama dan Empat Kapolres 
Foto: IST - Suasana pelantikan

PALEMBANG, MEDIASRIWIJAYA - Kapolda Sumatera Selatan (Sumsel) Irjen Pol Eko Indra Heri, secara resmi memimpin serah terima jabatan (Sertijab) 8 Pejabat Utama Polda Sumsel Kepala Sekolah Polisi Negara (SPN) dan 4 Kapolres jajaran Polda Sumsel bertempat di Gedung Promoter Kapolda Sumsel. Senin (26/10).

Pelaksanaan Sertijab dihadiri langsung oleh Waka Polda Sumsel Brigjen Pol Rudy Setiawan, serta Pejabat Utama Polda Sumsel.
Pelaksanaan Sertijab berdasarkan Surat Telegram Kapolri Nomor: ST/2934/X/KEP/2020 TGl 13/10/2020 dan Telegram Kapolri Nomor: ST/2935/X/KEP/2020 TGL 13/10/2920, dimana tertuang Kepala SPN Polda Sumsel pejabat lama Kombes Pol Agus Fajar H Sik Msi KA SPN Polda Sumsel dimutasi menjadi Anjak Madya Bidang Bindiklat Lemdik Polri digantikan oleh pejabat baru Kombes Pol Tulus Ikhlas Pamoji SH, sebelumnya Anjak Madya Kamsel Korp Lantas Polri. Sedangkan 4 Jabatan Kapolres juara Polda Sumsel terdiri dari, AKBP Adi Witanto SIK Kapolres Musi Rawas Utara menjadi Waka SPN Polda Sumsel diganti oleh pejabat baru AKBP Eko Sumaryanto SIK dari Danyo B Sat Brimob Polda Sumsel. AKBP Mustofa,Sik MH Kapolres Lubuk linggau menjadi Wadir Polairud Polda Jatim digantikan oleh pejabat baru Akbp Nuryono SIK, SH MM sebelumnya Kasat reskrim Polrestabes Palembang. Akbp Yudhi Suhariyadi Sik Kapolres Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) menjadi Irbid Itwasda Polda Kaltim diganti oleh pejabat baru Akbp Rizal Agus Triadi SIK sebelumnya Danyon C Pelopor SatBrimob Polda Sumsel dan AKBP I Wayan.Sudarmaya, SIK SH MH Kapolres Prabumulih menjadi Wadir Samapta Polda Kaltara digantikan oleh pejabat baru AKBP Siswandi,SIK,SH MH sebelumnya Kasat Resnarkoba Polrestabes Palembang.

Selain itu Kapolda Sumsel juga melantik Pejabat Utama lainnya seperti AKBP Eko Sudaryanto SIK Wadir Reskrimum Polda Sumsel menjadi Auditor Itwi II Itwasum Polri diganti oleh pejabat baru AKBP Tulus Sinaga SIK sebelumnya Kapolres Mempawah Polda Kalbar. AKBP Ahmad Ridwan H SE Msi menjadi Kabag Dalprogar Rorena Polda sumsel sebelumnya Ps Kabidkeu Polda Kep. Bangka Belitung. Dan AKBP I Made Swetra SSI MSI Kasubbid Narkoba Bid labfor Polda Sumsel dimutasi menjadi Kabagsumda Puslabfor Bareskrim Polri.

Kapolda Sumsel Irjen Pol Eko Indra Heri mengatakan jika Sertijab yang dilaksanakan oleh jajaran Polda Sumsel merupakan penyegaran dan pembinaan karier."Mutasi di organisasi Polri adalah hal yang biasa. Mutasi berguna untuk penyegaran serta pembinaan karier untuk personil tersebut," ungkap Irjen Pol Eko.

Beliau juga tidak lupa memberikan rasa hormat dan terimakasih, atas dedikasi pejabat lama, atas kinerjanua dalam membangun dan menjaga Kamtibmas kondusif di Sumsel, dan bagi pejabat baru selamat datang. "Pejabat yang lama diucapkan terimakasih atas kinerja yang telah diberikan selama ini guna menjaga kamtibmas di satker dan wilayah khususnya Polda Sumsel, pejabat yang baru dilantik dan disumpah untuk menjadikan amanah ini menjadi motivasi dalam meningkatkan kinerja dan pengabdi kepada bangsa dan negara, mulai hari ini action di lapangan," tegas Kapolda Sumsel.

Irjen Pol Eko Indra Heri, juga mengingatkan kepada pejabat baru yang diambil sumpahnya, agar dapat mengemban tugas dengan penuh tanggung jawab, mengingat tantangan ke depan lebih berat lagi. Jabatan ini bukan saja tanggung jawab di hadapan kita ini saja namun akan menjadi saksi di hadapan Tuhanmu apalagi beban dan tantangan tugas ke depan yang lebih berat yakni pengamanan Pilkada Serentak di 7 kabupaten/kota wilayah propinsi Sumatera Selatan. "Segera susun dan rencanakan pengamanan untuk Pilkada Serentak tahun 2020. Tingkatkan kegiatan-kegiatan dalam rangka menciptakan situasi kamtibmas yang aman. Segera deteksi dan hilangkan setiap kegiatan yang dapat mengganggu pelaksanaan Pilkada Serentak tahun 2020," ingatnya.

Hal senada juga disampaikan Kabid Humas Polda Sumsel Kombes Pol Supriadi. Beliau membenarkan jika ada 8 Pejabat Utama Polda Sumsel Sertijab dengan protokol kesehatan. "Ada 8 Pejabat di lingkungan Polda Sumsel yang diserah terima hari ini. Mulai dari KA SPN, Kapolres dan Jabatan Strategis lainnya. Dalam serah terima ini juga menggunakan Protokol Kesehatan sesuai dengan anjuran Pemerintah yaitu 3 M , memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan," ujar Kabid Humas Polda Sumsel. (Ly).