Kapolda Cek Langsung Stok Oksigen

PALEMBANG,  MEDIASRIWIJAYA – Kapolda Sumatera Selatan (Sumsel) Irjen Pol Prof Dr Eko Indra Heri turun langsung mengecek ketersediaan oksigen, antisipasi kelangkaan oksigen di masa pandemi covid – 19. Bertempat di PT Samator Gas Industri di Jalan Tanjung Api Api Kelurahan Gasing Kecamatan Talang Kelapa Kabupaten Banyuasin, Rabu (23/6) siang.

Rombongan Kapolda Sumsel Irjen Pol  Prof Dr Eko Indra Heri didampingi Dirreskrimsus Kombes Pol H Anton Setiyawan SIK,SH, dan Wadirreskrimsus AKBP Ferry Harahap disambut langsung oleh Manager HRD PT Samator Gas Industri, M Fitriansyah dan Manager Produksi dan Teknis, Arys Setiana.

Dalam pantauan, Kapolda Sumsel turun lansung melihat ketersediaan oksigen di PT Samator Gas Industri, hal ini dilakukan untuk memberikan rasa aman yaman dan tenteram di masa pandemi covid -19, mengingat PT Samator Gas Industri merupakan satu- satunya pabrik yang memproduksi oksigen. “PT Samator ini merupakan satu- satunya pabrik yang produksi oksigen di Sumsel. Saya ingin memastikan bahwa stok oksigen di masa pandemi ini tersedia,” ungkap Kapolda Sumsel Prof Dr Eko Indra Heri.

Masih dikatakan Kapolda Sumsel, hal ini berguna mengantisipasi apabila terjadi kelangkaan PT Samator siap, sementara Polda Sumsel akan selalu mensupport terutama untuk memastikan stok oksigen bagi rumah sakit dan penderita covid aman. Bahkan Irjen Pol Prof Dr Eko Indra Heri, meminta kepada PT Samator untuk selalu berkoordinasi apabila terdapat kendala kendala di lapangan. “Apabila terdapat kendala Polda siap untuk membantu dan mengawal termasuk juga apabila ada kesulitan distribusi ke seluruh wilayah Sumsel, kita harus bersama dapat memastikan ketersediaan stok oksigen di Sumsel aman,” harapnya.

Hal senada juga disampaikan, Dirreskrimsus Polda Sumsel Kombes Pol H Anton Setiyawan, yang didampingi Wadirreskrimsus Polda Sumsel AKBP Ferry Harahap guna memastikan ketersediaan oksigen di masa pandemi covid – 19, pihaknya dalam hal ini Direktorat Krimsus Polda Sumsel telah melakukan pengecekan ketersediaan oksigen di rumah sakit di Palembang. “Kita juga sudah mengecek ketersediaan oksigen di rumah sakit rumah sakit di Palembang akan kesiapan oksigen untuk kebutuhan masa pandemi covid, bahwa stok oksigen kita di seluruh rumah sakit Palembang dalam keadaan aman,” ungkap Kombes Pol H Anton.

Dijelaskan Dirreskrimsus Polda Sumsel, stock oksigen di rumah sakit di Palembang, dimana oksigen Liquid sentral tangki kapasitas dalam ton yaitu RSMH Palembang sebanyak 15 ton. RS Bhayangkara Mohammad Hasan Palembang sebanyak 9 ton, RS Provinsi sebanyak 9 ton, RS Siti Khadijah sebanyak 8 ton, RS Muhammadiyah sebanyak 3 ton, RS Pusri sebanyak 3 ton, RS BARI Palembang sebanyak 11 ton, RS Rabain sebanyak 15 ton, RSUD Lahat sebanyak 8 ton dan RS Kayu Agung sebanyak 9 ton.

Sementara itu, ketersediaan oksigen dalam tabung sebanyak RS RIVAI sebanyak 150 ton dan RS MMC sebanyak 40 ton. Dari data pihak Ditreskrimsus Polda Sumsel untuk perusahaan penyedia oksigen di Provinsi Sumsel yaitu Lingga Jaya, Lima Pendawa, Bumi Waras dan Andalas Jaya Perkasa. Dan khusus pabrik yang produksi satu-satunya di Sumsel yaitu PT Samator Gas Industri yang mampu produksi sebanyak 20 ribu meter kubik per hari. “Hasil pendataan oleh Ditreskrimsus bahwa Sumsel aman untuk stok oksigen terutama kebutuhan di rumah sakit-  rumah sakit, dan kegiatan ini akan terus dilakukan demi memastikan stok oksigen aman di Sumsel,” ingatnya.

PT Samator Gas Industri mensuplai oksigen untuk wilayah Sumatera 3 yaitu Sumsel, Babel, Lampung, Bengkulu dan Jambi. Untuk suplai dan demand oksigen di wilayah Sumsel khususnya masih stabil. Dan PT Samator memproduksi oksigen sebanyak 20.000 meter kubik. Saat ini masih masih mampu memenuhi kebutuhan oksigen terutama untuk rumah sakit di wilayah Sumsel. (Ly).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *