Jilbab Steril Sekali Pakai Mulai Diperkenalkan di Rumah Sakit di Inggris!

Jilbab Steril Sekali Pakai Mulai Diperkenalkan di Rumah Sakit di Inggris!
Farah Roslan dan Gill Tierney (Foto ist)

MEDIASRIWIJAYA.com - Teknologi semakin berkembang, sebuah rumah sakit di Inggris memperkenalkan jilbab steril sekali pakai yang khusus digunakan di ruang operasi. 

Dokter Farah Roslan, yang beragama Islam, memiliki ide selama pelatihannya di Royal Derby Hospital.

Idenya ini datang dari kekhawatiran adanya infeksi terkait dengan pemakaian jilbab yang ia kenakan sepanjang hari. Dilansir dari suara.com

Roslan, yang bekerja di Lincolnshire, mengatakan gagasan itu datang kepadanya ketika dia masih mahasiswa kedokteran di The University Hospitals of Derby and Burton NHS Trust.

"Aku telah menggunakan (jilbab yang sama) sepanjang hari yang jelas tidak bersih dan ideal," katanya kepada BBC Radio Derby.

Tetapi di sisi lain, Roslan menambahkan, ia juga tidak nyaman jika melepas jilbabnya.

"Aku ditarik keluar dari ruang operasi, dengan hormat, karena takut  menularkan infeksi (pada pasien)," sambungnya.

ilustrasi dokter dan perawat.

Perempuan ini pun mengatakan harus mencari jalan keluar dari permasalahan ini, di mana ia masih bisa mengenakan jilbab namun tetap bersih di ruang operasi.

Roslan bercermin dari Malaysia, negara kelahirannya, dalam mengumpulkan ide, membuat desain dan menguji kainnya.

Konsultan ahli bedah Gill Tierney, yang membimbing Roslan, mengatakan NHS Trust adalah yang pertama kali memperkenalkan jilbab ini di Inggris.

"Itu tidak membutuhkan biaya banyak dan mudah-mudahan pengaruhnya akan sangat besar," tutur dr. Tierney.

The University Hospitals of Derby and Burton NHS Trust mengatakan jilbab ini baru tersedia untuk pertama kalinya pada awal Desember.

Diharapkan barang-barang dapat diperkenalkan secara nasional tetapi NHS Inggris mengatakan itu akan tergantung pada masing-masing rumah sakit.(net)