HUT Banyuasin 10 April atau 2 Juli?

HUT Banyuasin 10 April atau 2 Juli?
Karangan bunga di rumah dinas Bupati Banyuasin

BANYUASIN, MEDIA SRIWIJAYA - Berdasarkan Perda Banyuasin, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuasin, merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 18 seharusnya tanggal 10 April. Namun, kenyataannya momen HUT Pemkab Banyuasin masih diperingati  pada 2 Juli. Pantauan wartawan di depan rumah dinas Bupati Banyuasin H Askolani SH MH, banyak terpasang ucapan karangan bunga dari berbagai pihak termasuk Ketua DPRD Banyuasin, Sekwan yang mengucapkan selamat ulang tahun Banyuasin.

Padahal ulang tahun Banyuasin, tidak dirapat-paripurnakan dan hanya dirayakan sederhana di rumah dinas bupati. Meskipun ulang tahun telah berlalu panjang, pemerintah masih merayakannya.

Ketua DPRD Banyuasin Irian Setiawan mengakui bahwa, HUT Banyuasin berdasarkan Perda yang baru disahkan tahun ini tercatat tanggal 10 April dan bukan tanggal 2 Juli. Berdasarkan keputusan rapat paripurna DPRD Banyuasin. "Perayaan Hari Ulang Tahun Kabupaten Banyuasin yang biasanya digelar setiap tahun, tepatnya pada 2 Juli, mulai tahun ini perayaan sudah digelar 10 April," kata Irian kepada wartawan, kemarin.

Menurut Ketua DPRD Banyuasin Irian Setiawan, mestinya perayaan HUT Kabupaten Banyuasin ke-18 yang digelar 10 April sudah berlaku tahun 2020 ini. "Berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten, bahwa perayaan HUT Banyuasin tahun ini mestinya digelar 10 April lalu," ujar Irian.

Kenapa tidak digelar pada saat itu, dijelaskan Ketua DPD Partai Golkar Banyuasin ini karena Kabupaten Banyuasin dihadapkan musibah pandemi Covid-19. "Kondisi saat itu tidak memungkinkan, jadi perayaan HUT Banyuasin ke-18 dimundur seperti biasa pada 2 Juli," terangnya, juga mengajak tahun depan perayaan HUT Banyuasin digelar setiap 10 April.

Terkait pelayanan d lingkungan pemerintah, Irian menilai masih banyak yang tidak disiplin. "Saya harapkan ditingkatkan kedisiplinan pegawai terutama yang tinggal di Kota Palembang. "Saya lihat masih ada pegawai pergi ke kantor terlambat, juga pulang cepat ke depan harus dibenahi lagi," tandas Ketua DPRD Banyuasin asal Partai Golkar. (ydp)