Hari Puisi Indonesia di Rumah Sekda Palembang

Hari Puisi Indonesia di Rumah Sekda Palembang
Suasana pembacaan puisi di kediaman Sekda Kota Palembang, Minggu (26/7).

PALEMBANG, MEDIASRIWIJAYA  - Hari Puisi Indonesia (HPI) yang diperingati tiap tanggal 26 Juli, kali ini dirayakan berbeda oleh para sastrawan dan seniman di kota Palembang, Minggu (26/7).
Tak hanya melibatkan para seniman tapi kali ini dengan bertempat di Rumah Sekda Kota Palembang, Drs Ratu Dewa MSi, HPI dirayakan sederhana dengan Sekda pun turut membacakan puisi yaitu Karya Taufik Ismail dan Chairul Anwar di kediamannya.

Di hadapan sejumlah penggiat sastra pelaku seni lainnya pada Hari Puisi Indonesia, Minggu 26 Juli 2020, Sekda Palembang, mantan Kabag Humas Pemkot Palembang ini terlihat serius dengan penghayatan pembacaan puisi yang diselenggarakan di rumahnya.

Hari Puisi Indonesia diperingati oleh Sanggar Seni dan Budaya Teater Alam, secara sederhana dengan tetap mematuhi protokol kesehatan antisipasi COVID-19 di rumah pribadi Sekda Palembang Ratu Dewa di Palembang, Minggu (267) pagi.
Hadir, dalam baca puisi di Hari Puisi Indonesia, Bambang Purnomo, Antoni Anshori, Yudi Abdullah, Drs. Indra Hermansyah dan Edwin Fast.

Sekda Palembang mengatakan peringatan Hari Puisi Indonesia dilakukan secara spontan di rumahnya sebagai respon cepat atas penawaran Ketua Sanggar Seni dan Budaya Teater Alam, Edwin Fast. "Saya kemarin Sabtu (25/7) mendapat telepon dari Edwin yang mengajak dirinya untuk membaca puisi pada peringatan hari puisi Indonesia hari ini, tawaran itu spontan langsung saya diterima dengan baik sambil mengajak sarapan bersama di rumah," ujarnya.

Menurut Ratu Dewa, dia sangat mendukung kegiatan seni di Palembang, Sumatera Selatan khususnya. Pontensi minat bakat seni di kota ini  banyak yang tidak kalah bagusnya dengan yang ada di luar Sumsel, untuk itu dia mengajak semua pihak dan lapisan masyarakat melakukan pembinaan dan memberikan perhatian serta dukungan agar mereka bisa berkembang dan meraih prestasi secara nasional. Ditanya perlukah Palembang ada gedung kesenian dijawabnya dengan tegas sangat perlu adanya gedung kesenian," ujar Ratu Dewa.

Ketua Sanggar Seni dan Budaya Teater Alam Palembang, Edwin Fast mengatakan Hari Puisi Indonesia (HPI) diperingati oleh penggiat sastra di Sumsel dan berbagai daerah lainnya pada setiap tanggal 26 Juli. Hari Puisi Indonesia ditetapkan bertepatan pada tanggal lahirnya sang penyair Indonesia, Chairil Anwar di Medan pada 26 Juli 1922.

Untuk menyemarakkan peringatan HPI tahun 2020 ini, sanggar seni dan budaya teater alam  puncak acara Hari Puisi Indonesia akan diadakan di Museum Nasional pejuang Sumsel dr A.K Gani di kawasan Jalan M.P Mangkunegara, Kelurahan Sukamaju, Kecamatan Sako Palembang pada 9 Agustus 2020 pukul .01.00.WIB.

Dalam kegiatan tersebut akan digelar acara baca puisi, drama monolog, dan musikalisasi puisi. Akan tampil membaca puisi beberapa penyair, penggiat seni dan pemerhati kesenian seperti Anto Narasoma, Toton Da’i Permana, Vebri Al-Lintani, Bambang Purnomo, Yos Ellyas, Suparman Roman, Ny.Cahyo GI, PriyantiGani, Antoni Ansori, dan J.J Polong dan penggiat seni lainnya. "Mohon dukungannya acara seni yang kami adakan akan berjalan lancar," tegasnya.(edwin fast)