Hari Pahlawan Dandim Pancangkan Bambu Runcing Berbendera Merah Putih

Hari Pahlawan Dandim Pancangkan Bambu Runcing Berbendera Merah Putih

Purworejo. Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan Tahun 2020 Kodim 0708 Purworejo bekerja sama dengan FKPPI menggelar upacara pemancangan bambu runcing Bendera Merah Putih kepada Eksponen pejuang 45 yang tidak dimakamkan di taman makam pahlawan Projo Handoko Loyo. Kegiatan ini dilaksanakan di TPU Kemuning RT 02/Rw 01 Kelurahan Pangenjuru Tengah. Kecamatan Purworejo Kabupaten Purworejo. Selasa (10/11)

Pemancangan bambu runcing di tandai berbendera Merah Putih di lakukan oleh Komandan Kodim 0708 Purworejo bersama dengan FKPPI di makam Eksponen pejuang 45 Kapten Pur Alm Ralim. Ini semua merupakan wujud penghargaan kepada para pejuang kemerdekaan yang telah mempertahankan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia di masa Tahun 1945 sampai akhir 1949 dari penjajah.

Komadan Kodim 0708 Purworejo Letkol Inf Lukman Hakim S.Sos., M.Si dalam sambutannya mengatakan pemberian penghargaan pemancangan bambu runcing Berbendera Merah Putih membuktikan bahwa para pejuang itu tidak saja telah dimakamkan di taman Pahlawan, namun juga tersebar di berbagai desa.

“Tanpa perjuangan dan pengorbanan para Pahlawan pendahulu kita, tentu kita tidak akan menikmati suasana kemerdekaan seperti sekarang ini. Maka menjadi kewajiban kita untuk meneladani sikap kejuangan para Pahlawan, serta berjanji untuk mengabdikan diri pula demi kejayaan Negara dan Bangsa Indonesia.ucap Dandim.

Lanjut Dandim mengukapkan dalam kondisi Negara dan Bangsa yang kini masih saja mengalami berbagai ujian dan cobaan, seperti pandemi covid 19 dan bencana alam, namun semangat persatuan dan kesatuan serta gotong-royong harus kita gelorakan terus, setiap kesulitan dalam kehidupan tentu ada jalan keluarnya.

“Saya titipkan pemeliharaan pusara pejuang ini kepada keluarga serta pemerintah desa, agar generasi penerus yang menyaksikan adanya Pahlawan di desanya, kelak akan dapat mewarisi semangat perjuangannya.”imbuh Dandim

Sementara itu Ketua FKPPI Kusri mengatakan pemancangan bambu runcing bendera merah putih ini sebagai bentuk penghargaan bagi para pejuang atas jasa jasannya terutama kepada Alm Kapten Pur Ralim yang telah berjuang melawan penjajah pada Tahun 1945.

“Sebagai generasi muda kita harus meneruskan segala perjuangan para pejuang yang telah merebut kemerdekaan dengan susah payah, dengan pemancangan bambu runcing ini semoga bisa menambahkan semangat dalam meneruskan segala perjuangan yang belum tersampaikan.” pungkasnya.