H. Achmad Tarmizi: UPGRI Luar Biasa

H. Achmad Tarmizi: UPGRI Luar Biasa
Hj Susmadiana dan H Tarmizi

PALEMBANG, MEDIASRIWIJAYA - Dr. Drs. Ir. H. Achmad Tarmizi, S.E.,  S.H., M.T.,  M.Si., M.H yang baru beberapa hari dipercaya Gubernur Sumsel H Herman Deru menjabat Plh Bupati OKU yang sebelumnya sudah menjabat sebagai Sekda OKU, Sabtu (20/2) sore tampak bahagia didampingi istri tercintanya Hj Susmadiana karena baru saja menyelesaikan ujian tesis bersama-sama di Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.

Suami istri yang tampak sangat bersahaja ini dengan tetap ramah meski dengan berbagai jabatan yang disandang dan gelar yang sudah diraih untuk gelar ke-9 bagi H Tarmizi dan istrinya untuk gelar kedua. Mengambil judul tesis "Pengaruh Motivasi dan Budaya Kerja dalam rangka Peningkatan Kerja Pegawai Dinas Pendidikan Kab OKU", Dr H Tarmizi sangat mantap dalam pemaparan tesisnya. Bahkan ketika selesai ujian tesis, wajah-wajah sumringah dan bahagia terpancar dari muka suami istri ini. "Saya sengaja mengambil judul tesis Pengaruh motivasi dan budaya kerja dalam rangka peningkatan kerja pegawai Dinas Pendidikan KAB OKU. Sudah beberapa tahun saya jadi Kepala Dinas Pendidikan di sana, sebelum jadi Sekda. 6 tahun Kadiknas saya menemukan hal-hal yang pengaruhi kinerja para pegawai di dinas pendidikan terutama budaya dan motivasi kerja. Kalau baik maka termotivasi baik betul-betul ditingkatkan maka kinerja juga baik. Dan tentunya akan meningkatkan kualitas mutunya dengan baik pula," ujar Tarmizi.

Sementara di tempat yang sama, Hj Susmadiana mengaku keberadaan dirinya sebagai salah satu pelaku di dunia pendidikan yaitu sebagai pengawas manajerial guru dan kepala sekolah di OKU. "Judul tesis saya, Pengaruh Supervisi Manajerial dan Kinerja Kepala Sekolah di OKU. Kebetulan ibu sebagai pengawas tugas yang melakukan pembinaan manajerial guru dan kepsek di sekolah di OKU," tambah Hj Susmadiana sambil tersenyum ramah.

Terkait gelar M.Pd yang bakal disandang suami istri ini di Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, Tarmizi mengaku kuliah selama lebih kurang 3 semester dirinya betul-betul merasakan sebagai mahasiswa sejati. "Kuliah di UPGRI Palembang saya merasakan betul sebagai seorang mahasiswa utusan OKU. Belajar di UPGRI ini betul-betul dirasakan mutunya luar biasa. Mengapa? Belajarnya serius. saya terus terang keteter juga dalam beberapa waktu ini untung diuntungkan kondisi pandemi covid sehingga belajar lewat sisfo. Disiplin dan proses yang dilalui sesuai yang dilaksanakan. Ini M.Pd merupakan gelar ke 9 saya dan untuk gelar S2 yang ke 4. Saya yakin kualitas didapatkan dari sini luar biasa. steep by steep dilakukan. Bisa ditanya, hampir tiap hari pengajar di Pascasarjana ini sibuk meladeni saya via wa dan lainnya. Saya tidak diberikan prioritas meski sebagai Sekda dan Plh Bupati tapi diberlakukan sama seperti mahasiswa pasca lainnya. Alhamdulilah, saya berani bertanggungjawab dengan gelar akademik ini," ujarnya. 

Pesan terhadap generasi muda, "Allah akan meninggikan beberapa derajat orang-orang yang menimba ilmu belajar dan belajar terus. Mudah-mudahan Allah akan meninggikan derajat kita di masa datang. Sebagai muslim, menuntut ilmu itu wajib bagi seorang muslim. Hari ini saya bahagia gelar ini sudah lama saya inginkan. Sudah 6 tahun saya menjabat Kadiknas, kepsek STM di Baturaja, guru selama 10 tahun, ini gelar yang saya impi-impikan. UPGRI Palembang luar biasa. (iah)