DOSEN TRIDINANTI DIDIK MAHASISWA JADI ENTREPRENEUR

DOSEN TRIDINANTI DIDIK MAHASISWA JADI ENTREPRENEUR
Foto: IST - Suasana kegiatan yang dilaksanakan mahasiswa dan dosen Tridinanti

PALEMBANG, MEDIASRIWIJAYA - Tanggal 10 Oktober 2020, Dosen Tridiannti bersama –sama dengan mahasiswa berkesempatan untuk mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat berupa pelatihan kewirausahaan di kelurahan Sukamulya Kecamatan Sematang Borang. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengembangkan jiwa kewirauahaan mahasiswa sekaligus sebagai wujud kepedulian terhadap masyarakat. Beberapa dosen yang teribat yaitu Muhni Pamuji,S.T.,M.M. dan Dina Fitria,S.T.,M.T. serta Moh. Wahyu Aminullah,S.T.,M.T., bersama mahasiswa semester 7 yaitu Vini Oktaviani, Nadhia Putri Ramadhani, Roy Hanapi, dan mahasiswa lainnya yang semuanya berjumlah 6 orang.

Di Kelurahan Suka Mulya banyak terdapat kebun lengkuas yang belum dimanfaatkan secara optimal, masyarakat hanya menjual lengkuas dalam bentuk mentah. Sehingga belum memiliki nilai tambah.  Maka dosen dan mahasiswa berinisiatif untuk menciptakan inovasi produk olahan lengkuas. Kegiatan ini sebagai wadah untuk mendidik dan menumbuhkan jiwa kewirausahaan mahasiswa dengan menangkap peluang dari kondisi sekitar dengan menciptakan produk yang inovatif dan kreatif.  
Seperti diungkapkan oleh Muhni Pamuji, S.T., M.M., selaku Kepala Bagian Pengabdian Masyarakat Universitas Tridinanti, perlu ditekankan adanya keberanian untuk memulai berwirausaha. Biasanya, kendala seseorang untuk memulai suatu usaha adalah adanya rasa takut akan rugi dan bangkrut.  Sebagian besar mahasiswa masih menganggap menjadi karyawan menjanjikan masa depan, dan takut memulai usaha baru karena tidak pasti dan tidak adanya keberanian.  Maka perlu adanya perubahan mindset bahwa berwirausaha pada mahasiswa bahwa berwirausaha dapat menjamin masa depan dan juga mampu menciptakan lapangan kerja, yang artinya dapat berkontribusi pada masyarakat.  Salah satunya melalui kegiatan pengabdian masyarakat ini.
Muhni menambahkan sekarang inilah kesempatan untuk mendorong para mahasiswa untuk mulai mengenali dan membuka usaha atau berwirausaha. Pola Pikir dan lingkungan yang selalu berorientasi menjadi karyawan mulai sekarang kita balik menjadi berorientasi untuk mencari karyawan (pengusaha).

Lurah Sukamulya Indi Suhanto, SH mengatakan dengan adanya mahasiswa UTP, menambah lagi ciri khas Sukamulya dengan Serundeng Lengkuas dan Produk inovatif berbahan dasar lengkuas hasil kreativitas mahasiswa dan dosen Tridinanti adalah Keripik Lengkuas Kito, Nasi Goreng Lengkuas, Pindang Pempek Lengkuas, Kemplang Lengkuas, mudah-mudahan di lain waktu ada penambahan inovasi dan kreativitas mahasiswa UTP.
Camat yang dalam hal ini diwakili Sekretaris Camat Zaid Rahmadian,S.STP mengatakan, "Kami dari Kecamatan Sematang Borang sangat menyambut baik dengan adanya inovasi dan kreativitas mahasiswa dalam hal menciptakan lapangan pekerjaan khususnya untuk pemuda-pemuda di Kecamatan Sematang Borang," ujarnya. (rel)