Ditpolairud Polda Sumsel Tanam Pohon Serentak

Ditpolairud Polda Sumsel Tanam Pohon Serentak
foto: ly/ms - Kapolda Sumsel menanam pohon

PALEMBANG, MEDIA SRIWIJAYA- Peduli lingkungan, hijaukan Direktorat Polisi Air Udara Polda Sumatera Selatan (Ditpolairud Polda Sumsel), dengan gerakan penamanan pohon serentak, Rabu (13/1).

Penamanan pohon ini dipimpin langsung oleh Kapolda Sumsel Irjen Pol Eko Indra Heri, didampingi Waka Polda Sumsel Brigjen Pol Rudi Setiawan, Direktur Ditpolairud Polda Sumsel Kombes Pol Yohanes W S. Serta para Pejabat Utama Polda Sumsel.

Kapolda Sumsel Irjen Pol Eko Indra Heri mengatakan penanaman pohon produktif merupakan komitmen Polri khususnya Polda Sumsel dalam menjaga dan melestarikan lingkungan. Dengan memahami betapa urgensi dan vitalitas fungsi dan manfaat tanaman bagi kehidupan di muka bumi. "Kegiatan penanaman pohon tersebut sebagai bentuk kepedulian Polda Sumsel terhadap lingkungan dalam rangka penghijauan sekaligus melestarikan alam dari ancaman gangguan kerusakan lingkungan," ungkap Irjen Pol Eko.

Dengan melihat kondisi tersebut, masih dikatakan Kapolda Sumsel. "Sangatlah tepat dan bijaksana ketika di saat kondisi seperti ini Polri khususnya Polda Sumsel melakukan sebuah terobosan kegiatan penanaman pohon secara serentak," ujarnya.

Irjen Pol Eko, mengingatkan jika setiap orang menanam satu pohon, berarti telah memiliki adil dalam memelihara kehidupan. "Kita tanam satu pohon saja sudah punya adil dalam memelihara kehidupan, banyak manfaat yang bisa kita rasakan," ingatnya.

Foto: ly/ms - Kapolda Sumsel foto bersama

Dijelaskan beliau, yang kita rasakan dapat menyerap emisi karbon, memproduksi oksigen, dapat mencegah pemanasan global dan menyimpan air hujan serta mencegah terjadinya erosi tanah dan lain sebagainya. 

Untuk itu Kapolda Sumsel mengajak seluruh personel dan masyarakat untuk sedini mungkin gemar menanam pohon demi terjaganya ekosistem lingkungan dalam jangka waktu yang panjang. "Ini merupakan komitmen moral kita besama dengan berjuta manfaat yang dapat kita peroleh serta kita nikmati di masa yang akan datang dari penanaman pohon tersebut," serunya.

Sementara itu, Direktur Ditpolairud Polda Sumsel, Kombes Pol Yohanes SW, mengatakan jika dalam giat penanaman pohon di Mako Ditpolairud Polda Sumsel adalah sebanyak 78 pohon berbuah atau produktif. "Iya benar kita tadi melakukan penanaman pohon serentak, sebanyak 78 pohon jenis berbuah, ada 10 jenis yang terdiri dari durian montok, durian musangking, mangga, alpukat, sirsak, rambutan, jambu dan sawo. Semua di tanam di pinggir lapangan Mako," jelas Kombes Pol Yohanes. (Ly).