Di Tengah Wabah Covid-19, Pemkab Bantul-TNI Tuntaskan TMMD

Di Tengah Wabah Covid-19, Pemkab Bantul-TNI Tuntaskan TMMD

 Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul dan Kodim 0729/Bantul sukses melaksanakan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) di Desa Sumberagung, Kecamatan Jetis. Program tersebut tuntas dilaksanakan di tengah wabah virus corona atau Covid-19.

Penutupan TMMD pun dilakukan sederhana, tidak di lokasi kegiatan seperti biasanya. “Kegiatan TMMD pada tahun ini tentu berbeda dari tahun sebelumnya. Namun di tengah wabah covid-19, program ini bisa berjalan dengan baik,” kata Drs. H. Suharsono Bupati Bantul.

Sejumlah program pembangunan dilaksanakan dalam TMMD ini. Antara lain, pembangunan jembatan baru sepanjang 12 meter, perbaikan 5 rumah tidak layak huni (RTLH), perbaikan mushola, pembangunan, pembangunan gorong-gorong, dan pembangunan talud dan cor jalan.

 TMMD ini dibangun atas semangat gotong royong. Turut berpartisipasi Batalyon Infanteri 403/Wirasada Pratista, dan Korps Brimob Polda DIY, Lanal dan Lanud Yogyakarta. Dalam proses pembangunan, melibatkan masyarakat secara langsung. ”Alhamdulillah yang dilakukan sesuai dengan rencana dan hasil pembangunan bisa langsung dengan masyarakat,” ujar Harsono.

Suharsono berharap, hasil pembangunan yang dilaksanakan bisa dipelihara oleh masyarakat, agar bisa bermanfaat lebih lama. “Program ini bentuk sinergi pemerintah daerah dan TNI. Tujuan intinya adalah meningkatkan aksesibilitas ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.