Desa Jejawi OKI Jadi Desa Binaan FT UPGRI Palembang

Desa Jejawi OKI Jadi Desa Binaan FT UPGRI Palembang
foto: Iah/ms - MoU antara Desa Jejawi dengan FT Univ PGRI Palembang

PALEMBANG, MEDIASRIWIJAYA - Desa Jejawi Kab OKI menjadi Desa Binaan Fakulta Teknik Universitas PGRI Palembang. Demikian tertuang dalam Perjanjian Kerjasama yang ditandatangani Camat Jejawi Susanto, S.Pd, MM dengan Dekan FT UPGRI Palembang, Adi Guna, S.T,M.Si disaksikan Wakil Rektor II Universitas PGRI Palembang, Dr Yasir Arafat, S.E,M.M, CIQaR, Wakil Rektor III Drs Sukardi, MPd, serta unsur pimpinan UPGRI Palembang di Aula Aidil Fitrisyah Lt 5 Gedung Business and Science Center Universitas PGRI Palembang, Sabtu (20/2).

Mewakili Rektor Univ PGRI Palembang, Yasir Arafat mengatakan unsur pimpinan menyambut baik apa yang dilakukan Fakultas Teknik UPGRI Palembang dengan MoU bersama Camat Jejawi OKI. "Kami sambut baik jejawi sebagai desa binaan. Ini sangat membantu Tri Dharma Perguruan Tinggi. Bantu jejawi sehingga lebih maju dari yang ada. Bisa lebih dari itu yaitu pengembangan managemen SDM selain SDA. ada juga peningkatan ilmu-ilmu keteknikan yang bisa dibagi di Desa Jejawi. Misalnya bagaimana cara bangun rumah dengan desain dari mahasiswa teknik sipil yang sangat membantu sekali," ujarnya saat sambutan.

Di tempat yang sama, Wakil Ketua YPLP PT PGRI Sumsel, Drs H Djamaani Jakfar MPd menyambut baik adanya MoU dan MOA antara FT UPGRI dengan Desa Jejawi OKI. "MOU dan MOA, mudah-mudahan ini sangat bermanfaat bagi kedua belah pihak. Penandatanganan MOA dilanjutkan pencanangan Desa Jejawi sebagai desa binaan Fakultas Teknik semoga menjadi pilot project bagi desa lain di sana," ujarnya.

Camat Jejawi OKI, Susanto, S.Pd, M.M didampingi Kades Jejawi Zulkarnain SE mengaku sangat senang dengan adanya MoU ini. Diakuinya, dipilihnya Desa Jejawi sebagai desa binaan FT UPGRI Palembang merupakan angin segar untuk perkembangan pembangunan di sana. "Kami selaku unsur pimpinan di sana sangat berterima kasih dengan adanya MoU ini. Besar harapan kami kiranya salah satu desa di bawah naungan kecamatan kami bisa terbina. Apalagi kami percaya dengan kualitas mahasiswa Universitas PGRI Palembang yang tak diragukan lagi, semoga desa kami cepat berkembang dan semoga menjadi contoh bagi desa-desa lagi di Jejawi khususnya dan OKI umumnya bisa juga mengikuti," kata Susanto.

Dekan FT UPGRI Palembang, Adi Guna, S.T,M.Si mengatakan Penandatanganan perjanjian kerjasama dengan Jejawi sekaligus pencanangan Desa Jejawi sebagai desa binaan Fakultas Teknik merupakan suatu hal yang penting. "Ini penting bahwa dengan adanya pencanangan desa binaan harapan kami fokus pengabdian Fak Teknik di penelitian bisa diaplikasikan di desa tersebut. Sebagian riset dan penelitian difokuskan di sana. Identifikasi apa potensi dan masalah dan pemetaan pptensi dan program kerja. Blue print seperti apa. Diharapkan Jejawi bisa jadi percontohan di OKI," kata Adi Guna.

Pada kesempatan ini dilaksanakan yudisium ke 39 Fakultas Teknik UPGRI Palembang yang diikuti 37 peserta yudisium yang terdiri dari Jurusan Teknik Elektro, Teknik Sipil dan Teknik Kimia. (iah)