Desa Gunung Kembang Gelar Tradisi Bekarang Besame

Desa Gunung Kembang Gelar Tradisi Bekarang Besame
Foto bersama

KIKIM TIMUR, MEDIASRIWIJAYA  - Tradisi Bekarang Besame, merupakan salah satu tradisi yang sudah ada secara turun temurun dari desa Gunung Kembang, Kecamatan Kikim Timur Kabupaten Lahat Propinsi Sumatera Selatan.

Acara yang diadakan pada hari Rabu (29/7) dimulai sekitar pukul 08.00 itu digelar di sepanjang aliran sungai Kikim yang melintas di desa Gunung Kembang. Hadir dalam acara pembukaan unsur Tripika Kikim Timur,Pemdes Desa Gunung Kembang,Ketua BPD,Tokoh Agama,Tokoh Masyarakat,Tokoh Pemuda dan masyarakat Desa Gunung Kembang.

Dalam kata sambutannya Kades Gunung Kembang Sulaiman Efendi mengatakan, bahwa kegiatan ini adalah merupakan salah satu wujud kebersamaan masyarakat Gunung Kembang, dalam menjaga tali silaturahmi, dan melestarikan budaya dari leluhur dalam tradisi bekarang besame. "Di samping itu, bekarang besame ini juga merupakan perwujudan dari Sinergritas antara pengurus Lubuk Larangan Karya Bersama dengan masyarakat dan Pemdes Gunung Kembang."kata Sule sapaan akrab sang Kades saat menyampaikan kata sambutannya.

Selanjutnya, Danramil 405-03 Kikim, Kapten Inf. Agus Subakto yang mewakili aparat keamanan baik itu dari TNI dan Polri dalam wilayah hukum Polsek Kikim Timur yang kehadirannya diwakili Kanit Shabara Ipda.Dauri, menyampaikan imbauan kepada seluruh masyarakat, agar selalu berupaya untuk menjaga kelestarian ekosistem sungai. "Kami mewakili TNI dan Polri mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk tetap bersinergi menjaga keamanan dan ketertiban Lingkungan,serta marilah kita bersama-sama untuk tetap menjaga kelestarian lingkungan khususnya ekosistem sungai demi anak cucu kita nanti,"ajak Kapten Agus.

Sementara itu, Camat Kikim Timur Pebroni SE,MM.,dengan resmi membuka acara bekarang besame ini, namun tentunya sebelum acara dilaksanakan beliau memberikan beberapa wejangan buat seluruh masyarakat yang ikut mencari ikan, agar selalu berhati-hati. "Dengan mengucap basmallah, acara bekarang besame ini kami buka secara resmi, namun saya ingatkan untuk seluruh masyarakat yang ikut langsung terjun ke sungai Kikim ini, agar selalu berhati-hati, jaga keselamatan diri kita,"kata Roni yang juga secara langsung ikut meninjau ke pinggir Sungai Kikim. (bar)