Desa Bukit Jaya Muba Sokong Iklim Sehat di Indonesia

Desa Bukit Jaya Muba Sokong Iklim Sehat di Indonesia
teks:IST- Desa di Muba yakni Desa Bukit Jaya Kecamatan Sungai Lilin diganjar penghargaan Proklim Utama Tahun 2020 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Kemen-LHK) yang diserahkan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Dr Siti Nurbaya secara Virtual.
MUBA,MEDIASRIWIJAYA - Bertahap, komitmen menjaga lingkungan yang berkelanjutan dan sehat terus di implementasikan di kawasan pedesaan wilayah Kabupaten Musi Banyuasin dibawah komando Bupati Muba Dr Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA. Terbukti, atas komitmen implementasi menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat, salah satu Desa di Muba yakni Desa Bukit Jaya Kecamatan Sungai Lilin diganjar penghargaan Proklim Utama Tahun 2020 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Kemen-LHK) yang diserahkan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Dr Siti Nurbaya secara Virtual, Jumat (23/10/2020). "Atas capaian ini tentu berkat komitmen masyarakat Desa Bukit Jaya Sungai Lilin yang selalu dibina Bupati Muba bapak Dr Dodi Reza Alex dalam upaya menjaga lingkungan pedesaan yang bersih dan sehat," ungkap Sekretaris Daerah Muba, Drs Apriyadi MSi saat mengikuti rangkaian Puncak Festival Iklim Tahun 2020 dalam rangka Menerima Penghargaan Apresiasi Pembinaan Program Kampung Iklim (ProKlim) Tahun 2020 Secara Virtual, Jumat (23/10/2020).
 
Menurutnya, apa yang sudah dilakukan Desa Bukit Jaya Sungai Lilin ini kiranya bisa diikuti dan dimaksimalkan juga oleh desa-desa lainnya di Muba. "Sesuai komitmen pak Bupati Dodi Reza yang sangat konsen menciptakan lingkungan yang sehat, hijau, dan berkelanjutan," urainya. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Muba, Andi Wijaya Busro SH MHum menerangkan adapun keunggulan Desa Bukit Jaya dalam mendapatkan penghargaan Proklim Utama Tahun 2020 yakni diantaranya karena telah berhasil dalam upaya pengendalian kekeringan, banjir yaitu Peresapan air dengan biopori, penggunaan kembali air yang sudah dipakai untuk keperluan tertentu dan pembatasan penggunaan air. Terasering dan tersedia Sistem drainase yang baik. "Kemudian, berhasil dalam upaya peningkatan ketahanan pangan, diantaranya pertanian terpadu (integrated farming), menggabungkan kegiatan pertanian, peternakan, perikanan, dan Pemanfaatan lahan pekarangan," imbuhnya. "Lalu, upaya pengendalian penyakit terkait iklim yakni pengendalian vektor diantaranya 3M Menguras, Menimbun, dan Menutup, dan juga pengelolaan sampah serta Bank sampah dan Pengomposan, 3R, dan pemanfaatan Biogas kotoran ternak untuk memasak," tambahnya. 
 
Sementara itu, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Dr Siti Nurbaya mengucapkan terima kasih atas komitmen Desa Bukit Jaya di Muba yang telah menyokong untuk menciptakan iklim sehat."Secara khusus yang apresiasi Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin yang sangat komitmen menciptakan lingkungan Muba menjadi lingkungan yang bersih dan sehat hingga ke kawasan pedesaan," ucapnya. Ia menambahkan, apa yang sudah dijalankan dan dilaksanakan Desa Bukit Jaya ini kiranya dapat diimbaskan ke Desa-Desa lainnya di Muba. "Selain itu, Kementerian LHK berharap agar Daerah lainnya dapat mencontoh Desa Bukit Jaya Muba dalam implementasi untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat," tandasnya.