Curi Motor Babak Belur Dihajar Massa

Curi Motor Babak Belur Dihajar Massa
foto: IST - Tersangka yang berhasil diamankan aparat Polsek IB 1 Palembang

PALEMBANG, MEDIA SRIWIJAYA - Yaya Safitra (20), nyaris babak belur dihajar warga kawasan Macan Lindungan Rt 03 Rw 05 Kelurahan Bukit Baru Kecamatan Ilir Barat (IB) 1 Palembang, lantaran melakukan pencurian sepeda motor milik karyawan praktek dr Ira Gafitri, Senin (22/2) sekitar pukul 07.30 Wib.

Tersangka Yaya Safitra merupakan Warga Jalan Desa Ulak Bandung Kecamatan Kijang Mas Kabupaten Muara Enim Sumsel, saat kejadian tersangka berpura-pura numpang mandi, akan tetapi ditolak korban Evi Susanti.

Saat korban sibuk kembali bekerja, sempat melihat di pakiran jika motor milikya jenis honda beat dengan Nomor Polisi (Nopol) BG 6046 ABW, melihat tersangka duduk diatas motor bahkan motor di tuntut tersangka.

Akan tetapi, tersangka mengelak jika dirinya hendak mencuri motor, dari pengakuan jika dirinya mengira motor miliknya. "Saya mau numpang mandi tapi tidak boleh, lalu keluar ke pakiran duduk di motor, saya kira motor saya memang sudah sempat saya dorong," ujar tersangka Yaya dengan seenaknya.

Di hadapan penyidik, tersangka Yaya terus mengoceh terus tanpa henti, bahkan diakui jika setiap hasil curanmor dijual di kawasan Prabumulih. "Baru sekali itulah pak, biasanya motor suruh orang jual biasanya ke arah prabu kayak itu, saya g tahu ada teman saya satu lagi," aku tersangka yang terus cengar cengir sepanjang pemeriksaan bahkan sampai digiring petugas ke sel pun.

Bahkan saat dihajar babak belur warga, tidak ada tampak luka sedikit pun, hanya tampak bengkak di bibir saja, sambil cengar-cengir. "Saya sakit juga pak dipukul, tapi tidak saya rasakan," ujarnya.

Beruntung nyawa tersangka berhasil diselamatkan petugas dan akhirnya diserahkan warga masyarakat ke polisi, guna mempertanggungjawab perbuatannya di mata hukum.

Kapolsek IB 1 Palembang Kompol Deni Triana didampingi Kanit Reskrim Iptu Arlan Hidayat membenarkan jika tersangka diamankan dari muka warga karena aksi curanmor yang ketahuan korbannya. "Polsek IB 1 mengamankan tersangka curanmor, modus korban melihat tersangka ingin numpang mandi tapi dijawab korban tidak bisa, lalu tersangka duduk di atas motor korban lalu mendorong motor korban, diteriaki korban," jelas Kompol Deni.

Masih dikatakan Kapolsek IB 1 Palembang, saat tersangka diteriaki pencuri yang bersangkutan berusaha kabur tapi berhasil di masa warga. "Tersangka berusaha lari dikejar massa tapi alhamdulillah ditangkap oleh massa akan tetapi diserahkan oleh warga ke Polsek IB 1 Palembang," jelasnya.

Dari catatan pihak kepolisian, jika tersangka Yaya yang berprofesi serabutan ini juga melakukan beberapa pencurian "selain mencuri motor, tersangka ini juga dari pengakuannya pernah mencuri ayam, pencipta besi besi ini pekerjaan sehari hari, atas pembuatannya tersangka dijerat Pasal 362 KUHP dengan ancaman pidana 7 tahun," tegasnya. (Ly).