Cuaca Mendung Menghambat Proses Pengeringan Padi

PATI,MEDIASRIWIJAYA – Desa Tamansari, Kecamatan Jaken, Kabupaten Pati, yang menjadi sasaran program TMMD Reguler ke-111 Kodim Pati, mayoritas penduduknya adalah petani padi di sawah. Kebetulan dalam pelaksanaan TMMD Reguler kali ini bersamaan dengan musim panen padi warga setempat.

Tidak heran jika banyak dijumpai warga yang sedang menjemur padi hasil panennya. Hal itu tidak luput dari pantauan TNI Satgas TMMD TMMD untuk membantu warga guna meringan beban kerja mereka. Seperti terlihat, Serda Sukarji sedang membatu menjemur padi milik Ibu Sumilah (50) warga Dukuh Pandahan RT.02/03, Desa Tamansari, Kecamatan Jaken, Kabupaten Pati, Senin (21/6/2021).

Sementara Sumilah menjelaskan bahwa menjemur padi saat ini agak lama, pasalnya panas matahari tidak maksimal. Lagi pula akhir-akhir ini masih sering turun hujan. Jadinya pengeringan gabah sangat terhambat dengan tidak adanya panas matahari yang maksimal. “Lumayan bagus hasil panen musim ini, tapi ya ini pak, tidak bisa mengeringkan dengan cepat, karena mulai pagi sudah mendung. Yang paling menjengkelkan, baru saja gabah digelar tiba-tiba gerimis, sehingga kami dibuat kalang kabut,” tuturnya. (0718)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *