Cegah Radikalisme dan Terorisme, FKPT Sumsel Libatkan Pelajar

Cegah Radikalisme dan Terorisme, FKPT Sumsel Libatkan Pelajar
Muh Chairul Anwar saat menyajikan materi

Gelar Lomba Video dan Diskusi Film

PALEMBANG, MEDIASRIWIJAYA - Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Provinsi Sumatera Selatan di bawah naungan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menggelar kegiatan yang melibatkan pelajar tingkat SMA sederajat di kota Palembang untuk melakukan aksi nyata yang bertujuan mencegah radikalisme dan terorisme. Kegiatan ini dalam bentuk lomba video dan diskusi film yang acara pembukaannya digelar di Hotel Baston Palembang, Rabu (29/7).

Acara dibuka Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda ini dengan tetap menaati aturan keprotokolan kesehatan. Seluruh peserta dan undangan yang hadir diberi masker dan face shield serta hand sanitizer. "Berharap jangan sampai masyarakat tercerai berai karena ada pihak yang menginginkan terjadi perpecahan terutama di kota Palembang. Pesan untuk adika-adik terus berupaya mengisi pembangunan ini. Ideologi pancasila dan NKRI harga mati. Semua yang dilakukan bertujuan untuk mempertahankan eksistensi negara dengan tatanan ideologi selama ini," ujar Fitrianti.

Kasubdit pengawasan BNPT mewakili Direktur Pencegahan BNPT Pusat, Muh Chairul Anwar menyebutkan bahwa perkembangan teknologi saat ini sangat memungkinkan mempengaruhi generasi bangsa khususnya pelajar secara cepat terutama yang ada indikasi unsur radikalisme dan terorisme. "Kita tak bisa menampik bahwa bahaya radikalisme dan terorisme sudah menyebar ke generasi bangsa terutama pelajar melalui pesatnya teknologi internet. Itu sebabnya kita pun dengan berbagai upaya melakukan pencegahan, salah satunya dengan menggelar kegiatan seperti ini," katanya.

Ketua FKPT Sumsel Dr. Periansya, M.M., CMA didampingi Sekretaris FKPT Sumsel Romi Apriansyah, S.Ag. mengatakan kegiatan ini digelar sehari penuh. "Ini Program Kerja Deputi I Badan Nasional Penanggulangan Terorisme bersama FKPT Sumsel menyelenggarakan Kegiatan Pelibatan Pelajar SMA dan Sederajat dalam Pencegahan Radikalisme dan Terorisme di Masyarakat dengan Tema Lomba Video dan Diskusi Film “ KITA INDONESIA “," kata Periansya. 

Pemaparan materi di antaranya disajikan dua narasumber yaitu Kebijakan dan Strategi Pencegahan Terorisme di Kalangan Pemuda/Pelajar oleh Buntoro, Ak,. M.Ak. (BNPT) dan Isabella, S.IP., M.Si. (Peran Aktif Pemuda / Pelajar dan Organisasi Kepemudaan dalam Pencegahan Terorisme). Acara dilanjutkan dengan Nonton Bareng dan Diskusi Film Dokumenter / Kompilasi Video dan Pelatihan Pembuatan Video Pendek oleh praktisi film Terry Cola. (saf)