Cegah Penyebaran Covid-19, Pemerintah Bakal Libatkan Militer

Cegah Penyebaran Covid-19, Pemerintah Bakal Libatkan Militer

INDRALAYA, MS-Dalam rangka penegakkan disiplin mematuhi protokol kesehatan untuk memutus mata rantai penyebaran Corona Virus Disease (Covid19), pemerintah bakal melibatkan militer. Bagaimana tidak, wilayah-wilayah yang menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), akan ada pelonggaran. Sehingga perlu dilaksanakan giat penegakkan disiplin mematuhi disiplin proteksi di tiap-tiap daerah. Untuk itu, sebagai kekuatan utama  kedepannya TNI bakal membantu sekaligus mendukung dalam kebijakan disiplin mematuhi protokol kesehatan di daerah guna mencegah penyebaran covid-19. Ini disampaikan Dandim 0402 OI/OKI Letkol Czi Zamroni, Selasa (26/5) saat menggelar pemaparan di ruang rapat pertemuan Bupati OI Komplek Perkantoran Tanjung Senai Indralaya.

Disebutkan Dandim, instruksi ini merupakan langsung dari pemerintah pusat yang diteruskan kepada seluruh Satuan Komando Wilayah (Satkowil) diseluruh daerah Indonesia untuk mendukung kebijakan yang telah diambil oleh pemerintah pusat. "Termasuk juga penegakkan disiplin mematuhi protokol kesehatan akan dilaksanakan di Kabupaten Ogan Ilir," tegas perwira menengah TNI dengan dua melati di pundak. Dikatakan Letkol Zamroni, untuk di Kabupaten OI pihaknya akan mengerahkan sebanyak 55 personil gabungan terdiri dari TNI, Polri, Pol-PP, BPBD dan Dinkes. Mereka (personil gabungan) nantinya akan ditempatkan di lima titik keramain antara lain pasar Indralaya, Tanjung Raja, depan kampus Unsri, masjid muhajirin serta RM Pagi Sore.

"Tugas pokok utama personil gabungan ini nantinya untuk menegakkan peraturan protokol kesehatan dengan mensosialisasikan, menghimbau, memperingatkan, menertibkan, serta pengendalian dan pengawasan," ujar Dandim 0402 OI/OKI seraya menyebut, disamping itu pula dapat menjaga keamanan wilayah ditempat-tempat publik yang sudah ditetapkan. Sementara itu, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten OI menyambut baik upaya yang bakal diterapkan oleh pemerintah pusat dengan melibatkan unsur militer (TNI) dalam hal penerapan disiplin mematuhi protokol kesehatan untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19.

Mengingat di Kabupaten OI jumlah kasus covid-19 terus mengalami peningakatan sejak lebih dari satu bulan terakhir dengan total mencapai 47 kasus. "Pemerintah daerah siap mendukung upaya yang diterapkan oleh pemerintah pusat berkaitan dengan pencegahan penyebaran covid-19," kata Bupati OI HM Ilyas Panji Alam melalui Juru Bicara TimGus Percepatan Penanggulangan Covid-19.(Ber)

Teks photo : Warga yang memadati salah satu lokasi keramaian di Kabupaten Ogan Ilir tepatnya di objek wisata Teluk Seruo dibubarkan paksa oleh tim gabungan TNI, Polri dan SatPol-PP.(ber)