Cadangan Migas Diprediksi Habis

Cadangan Migas Diprediksi Habis
teks:IST-Wakil Walikota Prabumulih memimpin rapat membahas rencana sosialisasi survei seismik 3D di 20 Desa untuk mencari sumber baru Migas di Prabumulih, Rabu (2/9)

* Di Prabumulih Tahun 2030
* 20 Desa akan Dilakukan Seismik

PRABUMULIH, MEDIASRIWIJAYA  - Sebanyak 20 desa dan kelurahan di enam Kecamatan kota Prabumulih, dalam waktu dekat akan menjadi wilayah yang masuk dalam areal Seismik. Hal itu diungkapkan Kepala Humas Survei Seismik 3D Crysan, Khozin Nussurul ketika diwawancarai usai melakukan sosialisasi seismik di Kota Prabumulih di ruang rapat lantai 1 Pemkot Prabumulih, Rabu (2/9).

"Dalam waktu dekat kita akan melakukan seismik di enam kecamatan di wilayah Kota Prabumulih. Seismik dilakukan untuk mencari sumber baru minyak dan gas," ungkapnya. Demikian dilansir dari laman sripoku.com.

Khozin menuturkan, saat ini cadangan minyak gas di wilayah Kota Prabumulih hingga Pendopo Kabupaten PALI kian menipis dan selama ini pertamina hanya mengeksplore sumur-sumur tua. "Sumur-sumur tua itu sebenarnya ada batasnya, kalau tidak ada sumber baru Pendopo dan Prabumulih pada 2027 hingga 2030 bakal habis, makanya kita akan lakukan sismik mencari sumber baru," katanya.

Kondisi kian menipisnya cadangan minyak dan gas tersebut terbantu oleh Tajak Sumur di Lembak dan Talang Jimar beberapa waktu lalu namun belum diketahui cadangan migas yang ada."Kalau total titik akan kita lakukan seismik di Indonesia mencapai 17 ribuan, tapi di wilayah Prabumulih ini kurang lebih enam kecamatan 20 desa kelurahan," tuturnya.

Lebih lanjut Khozin menjelaskan, terkait rencana uji seismik itu pihaknya terlebih dahulu akan melakukan sosialisasi ke desa-desa yang terkena seismik tersebut. "Nanti kami akan langsung ke kelurahan dan desa dalam melakukan sosialisasi sehingga penyampaian ke masyarakat benar-benar sampai," tambahnya.

Tidak hanya itu, pihak perusahaan juga kata Khozin akan melakukan pendataan awal lahan dan bangunan warga yang berada di radius 1 km dari titik terluar seismik. "Tujuan pendataan agar warga aman dan nanti digantirugikan seperti biasa. Untuk menampung keluhan masyarakat terkait seismik nanti akan ada humas desa yang akan menjadi penyambung desa antara masyarakat setempat dengan kami," tambahnya.

Sementara itu, Wakil Walikota Prabumulih, H Andriansyah Fikri SH berharap, seismik dapat berdampak positif bagi warga Kota Prabumulih dan juga dapat meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) kota Prabumulih."Harapan kita dampak positif seperti tenaga kerja dan bagi hasil nantinya, pihak perusahaan juga harus bertanggungjawab atas dampak yang ditimbulkan oleh kegiatan seismik, ganti rugi dan inventarisir warga terdampak," tambahnya.(net)