Bupati Kuryana Hadiri Pengarahan  Panglima TNI dan Kapolri 

Bupati Kuryana Hadiri Pengarahan  Panglima TNI dan Kapolri 

BATURAJA, MEDIASRIWIJAYA - Bupati OKU, Drs. H Kuryana Azis, bersama Forkopimda OKU menghadiri pengarahan Panglima TNI dan Kapolri Dalam Rangka Kunjungan Kerja Ke Provinsi Sumsel Terkait penanganan covid-19. Hal ini dilakukan melalui Video Conference Bertempat di Ruang Induk Rumah Dinas Bupati OKU, Jumat (24/7).

Gubernur Sumsel H Herman Deru dalam sambutannya mengatakan ada beberapa hal yang terkait kondisi indikator makro pembangunan di Provinsi Sumsel saat ini. Untuk menjadi gambaran antara lain dari sisi pertumbuhan ekonomi pada triwulan I tahun 2020 pertumbuhan ekonomi tumbuh sebesar 4,19 persen, posisi ini tertinggi di Pulau Sumatera. 

"Beberapa inovasi penanganan covid-19 adalah dengan melakukan tracing agresif dalam hal ini  peningkatan kemampuan tugas lapangan dengan pengambilan spesimen. Satu laboratorium menangani 5 provinsi di wilayah Sumbagsel," katanya.

Upaya yang dilakukan provinsi Sumsel dalam penanganan Covid-19 antara lain adalah  penyampaian surat edaran Gubernur dan kepala dinas  Kesehatan tentang kesiapsiagaan menghadapi penyebaran Covid-19 kepada Kabupaten dan Kota. Penyampaian pedoman pencegahan dan pengendalian Covid-19 kepada dinas kab/kota dan rumah sakit. Melaksanakan Rakor dengan seluruh pihak-pihak terkait. Deteksi penyakit di pintu masuk wilayah. 

Irwasum Polri Kombes Pol. Drs. Agung Budi Maryoto, M.Si mengapresiasi yang dilakukan  Forkopimda Provinsi Sumsel dan satgas Covid-19 Sumsel dalam mengatasi pandemi covid-19 adalah Kampung Tangkal dibentuk di 902 lokasi. Ke depan marilah kita bersama-sama melakukan beberapa hal sebagai berikut,  dengan tetap semangat dan optimis melewati Covid-19 ini. 

Jangan pernah lelah memberikan  pengertian kepada masyarakat untuk menegakkan protokol kesehatan dan pola hidup bersih dan sehat, sampaikan data yang  transparan. TNI dan Polri siap memberikan bantuan tanpa payung cadangan di wilayah yang membutuhkan.

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi   Tjahjanto, S.Ip., berterima kasih telah mendengarkan paparan secara langsung oleh Gubernur Sumsel dengan tingkat pertumbuhan ekonomi cukup baik di tengah pandemi covid-19. 

"Pada triwulan I tahun 2020 ini adalah menjadi harapan kita semua, namun kita berharap bahwa  kemampuan penanganan Covid-19 yang tidak pernah turun terbukti dengan paparan begitu jelas," katanya.

Obat Covid-19 sampai saat ini belum ditemukan dan masih dalam proses pengujian dan TNI mengapresiasi langkah inovatif yang diambil gugus tugas provinsi Sumsel yang telah melaksanakan berbagai inovasi.

Panglima TNI juga mengapresiasi  Gubernur dan seluruh jajaran yang telah memberdayakan masyarakat melalui gugus tugas Covid-19 dengan membentuk Kampung Tangkal sesuai arahan Presiden   melaksanakan kearifan lokal.

Upaya pemberdayaan masyarakat ini menjadi perhatian Presiden oleh karena itu harus benar-benar  dioptimalkan sampai tingkat RT dan RW.

Saat ini TNI dan Polri tengah berkonsentrasi melaksanakan peraturan protokol kesehatan di 8 provinsi yang menjadi perhatian khusus, Sumsel tidak termasuk dalam kasus ini. Namun Sumsel menduduki urutan 7 nasional  Covid-19.

Panglima TNI juga mengatakan masih banyak masyarakat yang  belum melaksanakan protokol  kesehatan dan menerapkan pola hidup bersih dan sehat.

Untuk itu, Panglima TNI berharap dalam 1 wilayah TNI dan Polri,  jajaran Pemprov Sumsel saling bersinergi gugus tugas daerah,  tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, akademisi, pakar Epidemiologi bersama-sama secara Extra Ordinary dalam penanganan Covid-19.

Pada kesempatan ini Bupati OKU memberikan paket sembako bantuan dari BPR Baturaja, Bank Sumsel Babel, dan BPJS secara simbolis kepada perwakilan Babinsa, Babinkantibmas, BPBD, dan Satpol PP.  Paket sembako tersebut akan disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan. (rws)