Berkat Program TMMD 110, TPA Yang Dulu Memprihatinkan Kini Jadi Idaman

Berkat Program TMMD 110, TPA Yang Dulu Memprihatinkan Kini Jadi Idaman

 

Lampung Timur, Sore itu suasana ramai penuh sukaria terlihat di Tempat Pengajian Alqur'an (TPA) Nurul Salamah, Dusun III, Desa Ssukorahayu, Kecamatan Labuhan Maringgai, Kabupaten Lampung Timur.

Pasalnya, tempat menimba ilmu Agama oleh anak-anak desa tersebut sempat terhenti operasionalnya karena masih tahap renovasi program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-110 Kodim 0429/Lamtim TA. 2021.

Apa yang dilakukan oleh Kodim 0429/Lamtim ini merupakan bentuk kepedulian TNI bagi generasi muda khususnya bidang Agama.

Di tengah era globalisasi dan digitalisasi pendidikan Agama sangat penting guna membentuk akhlak, karakter dan moral yang akan selalu terkontrol sehingga terbentuk generasi muda semakin maju.

Saat ditemui Babinsa Sukorahayu, Guru mengaji TPA Nurul Salamah Tutut (33) menururkan bahwa kegiatan belajar mengaji baru akan dimulai hari senin.

"Untuk Kegiatan mengaji baru akan di mulai hari senin nanti (5/4), untuk hari ini anak-anak fokus pembersihan dan penyiapan TPA saja," terangnya, Jum'at (2/4/2021) sore.

Menyikapi jumlah Murid yang banyak apalagi saat ini masih pandemi Vovid-19 pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan pihak ketua TPA dalam belajar mengaji nanti akan di bagi dua sesi.

"Jumlah murid di TPA ini ada 50 Orang, jadi nanti kalau sudah aktif kegiatan belajar mengaji, rencana akan kami bagi dua sesi agar tidak terlalu ramai, karena saat ini masih ada wabah corona," imbuhnya.

Saat ditanya Babinsa Sukorahayu terkait TPA sebelum di Renovasi, Tutut mengungkapkan bahwa dulunya tempat belajar mengaji ini sangat memprihatinkan.

"Banyak kotoran burung Pak, karena tidak ada plafon, pokoknya kurang nyaman lah, lantainya juga dulu belum ada pokoknya kurang layak pakai, Sekarang Alhamdullillah sudah enak sekali TPA ini, anak-anak juga ikut senang serta semakin semangat untuk belajar mengaji seperti yang kita lihat hari ini, pokoknya terima kasih Pak TNI" pungkasnya.

Di tempat yang sama Babinsa Koramil 429-10/Labuhan Maringgai Kodim 0429/Lamtim Koptu Suyitno menyampaikan sangat senang melihat TPA mulai aktif lagi paska renovasi program TMMD ke-110.

"Bersyukur sekaligus senang melihat anak-anak sangat antusias melaksanakan pembersihan, karena TPA mereka yang dipakai untuk belajar mengaji sekarang sudah lebih bagus, setelah di renovasi Kodim 0429/Lamtim dalam program TMMD ke-110," tandasnya.