Balitbangda Sumsel Gelar Workshop Penulisan Karya Tulis Ilmiah Tahun 2020

Balitbangda Sumsel Gelar Workshop Penulisan Karya Tulis Ilmiah Tahun 2020
Foto: IST - Foto bresama para peserta workshop

PALEMBANG, MEDIASRIWIJAYA - Bertempat di Aula Serbaguna Kantor Balitbangda Sumsel Jalan Demang Lebar Daun Palembang berlangsung Workshop Penulisan Karya Tulis Ilmiah Tahun 2020 yang diselenggarakan Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Provinsi Sumatera Selatan, Kamis (26/11).

Acara Workshop yang dibuka Kepala Balitbangda Sumsel Dr Ekowati Retnaningsih SKM, MKes yang dalam hal ini diwakili Dr Drs Alamsyah, MPd yang juga sebagai Kabid Bidang Inovasi dan Teknologi Balitbangda Sumsel.
Dalam sambutan tertulis Kepala Balitbangda Sumsel, Dr Ekowati mengapresiasi kegiatan ini karena workshop ini sangat terkait erat dengan hasil kerja para peneliti, dosen, dan tenaga fungsional lain yang salah satu adalah berupa tulisan ilmiah (artikel ilmiah) yang dipublikasikan melalui jurnal, prosiding dan buku (bunga rampai). "Artikel yang ditulis dalam jurnal bisa diproduksi oleh individu dalam komunitas ilmuwan. Komunitas ilmuan bisa terdiri dari mahasiswa, guru, dosen, peneliti, profesor, jurnalis dan sebagainya. Penulsan artikelnya bisa dilakukan secara individual atau kolektif. Secara umum sudah kita ketahui bahwa artikel yang ditulis harus bersifat ilmiah. Artinya, diproduksi melalui proses penelitian yang menerapkan metode ilmiah," ujarnya seperti dibacakan Dr Alamsyah.

Menurutnya, perlunya sikap aktif dalam mengirim publikasi jurnal ilmiah haruslah dimiliki semua di Lembaga Litbang (untuk para peneliti) dan akademisi perguruan tinggi (untuk para dosen). Memperhatikan tujukan dalam jurnal ilmiah menjadi penting untuk menghindari adanya plagiarisme dalam penyusunan. Selamat mengikuti workshop," demikian pesan Dr Ekowati Retnaningsih.

Di tempat yang sama, Ketua Panitia Workshop, Ir Agus Sofyan dalam laporannya mengatakan kegiatan workshop digelar dengan tujuan agar semua stakeholders dapat berperan aktif dalam upaya memperkaya elektronik jurnal Balitbangda Sumsel dengan karya tulis ilmiah terapan yang berguna untuk masyarakat. "Workshop ini dilaksanakan bekerjasama dengan HIMPENINDO Sumsel. Kami menghadirkan narasumber dari Unsri dan Universitas Bina Darma dengan peserta sebanyak 40 orang peneliti yang terdiri dari 20 peneliti Balitbangda dan 20 peneliti HIMPENINDO," ujar Ir Agus Sofyan seraya menambahkan bahwa target kegiatan adalah tersedianya karya tulis ilmiah yang siap dipublikasikan.

Pelaksanaan workshop selama 2 hari yaitu Kamis (26/11) dan Jumat (27/11). Narasumber antara lain Prof Dr Ir Benyamin Lakitan, MSc dan Dr Muji Gunarto, S.Si, M.Si. (iah)