Babinsa Brebes Berikan Penyuluhan Pemakaian Masker di Lokasi TMMD Reguler

Babinsa Brebes Berikan Penyuluhan Pemakaian Masker di Lokasi TMMD Reguler

 

Brebes – Program TMMD Reguler ke-109 yang dilaksanakan di Desa kalinusu, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, juga menyasar pengerjaan non fisik, yaitu edukasi kepada masyarakat melalui penyuluhan, sosialisasi maupun pelatihan.

Di bidang kesehatan, para anggota TNI melakukan penyuluhan di lapangan tentang pentingnya memakai masker di masa pandemi covid ini, baik kepada warga sasaran TMMD maupun sekitarnya. Pasalnya, dari 8.448 jiwa di Kalinusu, hanya sebagian kecil saja yang patuh terhadap penerapan protokol kesehatan.

“Kami melakukan penyuluhan kesehatan di lokasi TMMD ini sejak Pra TMMD atau 15 Agustus 2020 lalu,” ujar Pelda Ibrahim, Babinsa Koramil 09 Tonjong, yang ditugaskan membackup para Babinsa jajaran Koramil 08 Bumiayu yang tengah melaksanakan Pra TMMD. Kamis (17/9/2020).

Dihadapan para pemuda desa itu, Pelda Ibrahim juga mengajak menerapkan physical distancing, serta rajin mencuci tangan sehabis melakukan aktivitas apapun. Hal ini untuk menghindari terpapar wabah corona.

Ditambahkannya, di gelaran TMMD Reguler ini, protokol kesehatan mulai diwajibkan di Kalinusu karena saat pembukaan TMMD nanti (22/9), akan makin banyak orang yang masuk ke desa terkait pembangunan.

“Secara terpusat dan terbatas nanti dalam kegiatan penyuluhan/sosialisasi di non fisik TMMD, akan diisi materi kesehatan tentang covid-19, sehingga tidak muncul cluster baru yang bernama TMMD Kalinusu,” tandasnya.

Untuk diketahui, selain memberikan penyuluhan, Kodim Brebes juga mulai membagikan ratusan masker kepada warga Kalinusu dan sekitarnya, yang merupakan bantuan dari BNPB pusat dan Mabes TNI. (Rus/Aan)