Artis Nasional Asal Palembang, Shandy Syarief: Gambo Muba Itu Keren dan Kekinian

Artis Nasional Asal Palembang, Shandy Syarief: Gambo Muba Itu Keren dan Kekinian
Foto: IST - Penampilan Sandy Syarief dengan balutan gambo Muba

JAKARTA, MEDIASRIWIJAYA.COM - Artis sekaligus model papan atas Shandy Syarief memuji kenyamanan dan kualitas Gambo Muba. Shandy bangga turun gunung kembali berjalan di atas catwalk  mengenakan Gambo Muba di ajang Moeslim Choice Award 2020 beberapa waktu lalu. Artis asal Palembang ini mampu memukau tamu undangan. Meski lama absen di dunia lenggak-lenggok catwalk, Shandy tampak pede dan meyakinkan dengan balutan Gambo Muba. "Gambo Muba ini keren dan kekinian. Bahannya halus dan sangat nyaman dipakai," ucap Shandy yang juga pernah menjadi Bujang Gadis Palembang Tahun 1997.

Foto: IST -  Ajang Moeslim Choice Award 2020 beberapa waktu lalu

Baginya kualitas eco fashion yang diinisiasi Ketua TP PKK Muba Thia Yufada unik dan berhasil jadi trend fashion. Gambo Muba produk fashion dari daerah pelosok Kabupaten tetapi memiliki kualitas yang sangat luar biasa dan telah berhasil menjadi trend fashion dan menembus pasar internasional. "Saya sangat terpukau dengan Gambo Muba ini. Produk eco fashion sekelas Gambo Muba harus terus disupport. Tidak hanya membawa nama baik Muba namun produk ini juga membawa nama baik Indonesia di mata dunia," kata Shandy.

Inisiator Gambo Muba yang juga Ketua TP PKK Muba Thia Yufada mengucapkan terima kasih atas kesediaan Shandy Syarif mengenakan Gambo Muba pada rangkaian fashion show di acara Moeslim Choice Award 2020. "Kepada Shandy dan seluruh tamu undangan kami ucapkan terima kasih. Terkhusus kepada panitia Moeslim Choice Award yang telah mempercayai Gambo Muba untuk tampil pada fashion show," ungkap Peraih Award Inspiring Figure Nasional itu.

Menurutnya, ibu-ibu di Muba juga telah berhasil menunjukkan pada dunia bahwa limbah getah gambir dapat menghasilkan produk yang luar biasa yakni Gambo Muba dan saat ini telah menembus pasar fashion internasional dengan tetap mengedepankan 3 prinsip yaitu hanya menggunakan bahan baku yang ramah lingkungan dan pemanfaatan limbah di sekitar serta yang terpenting adalah keberpihakan pada usaha mikro kecil dan menengah demi kemaslahatan masyarakat," ungkap Wanita Insipirasi Sumsel ini.

Gambo Muba akan terus eksis dan terus maksimal mengangkat derajat para petani gambir khususnya kalangan ibu-ibu pengrajin Gambo Muba. "Capaian prestasi Gambo Muba ini berkat kerja keras ibu-ibu pengrajin Gambo Muba serta petani Gambir di Muba," tutur dia  

Gambo Muba adalah kain khas metode jumputan, diwarnai dengan dicelup getah gambir yang awalnya dianggap limbah dan dibuang percuma. Di tangan  Dodi-Thia  perajin gambir Muba makin semangat mengubah limbah menjadi pewarna utama kain. "Sebagai produk Eco fashion, Gambo Muba memakai 100 persen pewarna alami antikimia", urainya

Ini juga menjawab isu international bahwa lebih dari 50 persen limbah kimia berasal dari limbah tekstil. Gambo Muba adalah aksi alternatif dan sumbangan Muba untuk dunia tekstil. Produk ini tidak menghasilkan limbah kimia tetapi memanfaatkan limbah getah gambir sebagai pewarna alami Gambo Muba. (rel)