Antisipasi Cuaca, Lahat Siaga

Antisipasi Cuaca, Lahat Siaga
foto: IST - Bupati Lahat Cik Ujang mengecek kesiapan peralatan tanggap bencana di Lahat usai menggelar apel siaga bencana

LAHAT, MEDIASRIWIJAYA  - Bupati Lahat Cik Ujang, SH bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Lahat melaksanakan Apel Simulasi Penanggulangan Tanggap darurat Bencana alam dan Bencana Sosial di Kabupaten Lahat.

Apel sigap bencana ini dilaksanakan di halaman Pemkab Lahat, Selasa (02/02) diikuti dari berbagai Dinas dan Instansi diantaranya Anggota TNI, POLRI, BPBD, Satpol PP, Damkar, Satuan Pramuka, Basarnas dan juga Para Kepala OPD. Kegiatan ini dilakukan demi terciptanya personil yang sigap, merespon dan menanggulangi bencana yang ada di Kabupaten Lahat khususnya daerah yang rawan terkena bencana.

Dalam laporan Plh Kepala Dinas Sosial Kabupaten Lahat, Endang, melaporkan bahwa Apel ini dilakukan terkait dengan kondisi alam dan cuaca di wilayah Lahat yang sering terjadi hujan hingga dapat menyebabkan banjir dan tanah longsor oleh sebab itu Apel ini dilakukan untuk mempersiapkan petugas agar dapat mencegah dan mengurangi bencana di Bumi Seganti Setungguan.

"Kami adakan apel hari ini untuk meningkatkan kesiapsiagaan terpadu dalam rangka antisipasi bencana alam di wilayah Kabupaten Lahat, untuk para perserta apel dari BPBD Lahat, Pol PP dan Dankar Lahat, Tagana, Dinas Kesehatan", ungkapnya.

Sebelum memberikan arahan Bupati Lahat, didampingi PJ Seketaris Daerah (Sekda) Lahat, Dandim 0405/Lahat, Kapolres Lahat yang diwakili oleh Kabag Op, Ketua Pengadilan Negeri Lahat, Kajari Lahat dan tamu undangan lainya, melakukan peninjauan secara langsung untuk melihat, mengecek dan menguji alat - alat penanggulangan bencana yang berada disamping barisan peserta apel.

Pada kesempatan itu Cik Ujang, SH sebagai Pimpinan Apel menyampaikan bahwa keadaan alam dapat berubah menjadi bencana apabila belum adanya persiapan ditambah belum melakukan pemetaan daerah -daerah yang rawan bencana, bencana juga dapat terjadi disebabkan oleh ulah manusia itu sendiri dengan melakukan pengrusakan alam demi keuntungan pribadi seperti penebangan pohon secara liar, pengerukan tanah dan membuang sampah sembarangan yang dapat mengakibatkan banjir. "Hal-hal seperti inilah yang harus kita waspadai dan ditertibkan karena bencana dapat terjadi karena faktor alam itu sendiri dan juga karena ulah manusia yang tidak bertanggung jawab", ungkapnya.

Cik Ujang menegaskan kepada peserta apel untuk dapat selalu memeriksa dan menyiapkan alat agar selalu dalam kondisi baik. "Saya harap semua satuan tugas yang berkaitan dengan Penanggulangan bencana untuk dapat selalu mempersiapkan alat, sehingga ketika bencana terjadi semua alat dapat digunakan dalam kondisi yang baik", tegasnya.

Tambahnya ia meminta kepada semua peserta apel khususnya dinas atau instansi yang berkaitan langsung dengan penanganan bencana, untuk cepat merespon setiap laporan yang berkaitan dengan kejadian alam yang memungkinkan terjadinya bencana, untuk segera membantu Masyarakat.

"Kalau tidak terbentur dengan aturan yang ada, saya meminta kepada setiap desa membeli mobil pemadam kebakaran, guna mengatisipasi terjadi bencana kebakaran yang sering terjadi di Kabupaten Lahat, " ungkapnya. (Yuni/Pr)