Anggota Satgas TMMD Reguler Pekalongan Terus Pelopori Kebersihan Lingkungan

Anggota Satgas TMMD Reguler Pekalongan Terus Pelopori Kebersihan Lingkungan

 

Pekalongan – Membakar sampah dilakukan Serka Sumarko, anggota Satgas TMMD Reguler 107 Kodim 0710 Pekalongan, saat melihat sampah menggunung di tempat tugasnya, yakni di Desa Pantirejo, Kecamatan Kesesi, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah.

Anggota dari Koramil 05 Kesesi, Kodim Pekalongan itu, berusaha memberikan contoh kepada warga masyarakat agar tidak membuang sampah sembarang, terutama sampah plastik.

“Di Desa Pantirejo ini rata-rata warganya memiliki pekarangan rumah yang lebar-lebar, namun itu bukan tempatnya untuk membuang sampah,” tegasnya, Minggu (29/3/2020).

Menurutnya, peduli terhadap lingkungan sekitar juga merupakan salah satu upaya membantu Pemerintah Daerah dalam memerangi wabah virus corona sehingga tidak muncul wabah baru seperti DBD, disentri dan lain-lain.

“Dengan asap dan api yang nampak, kita harapkan masyarakat sekitarnya kedepan memiliki budaya malu jika membuang sampah di pekarangan rumah, apalagi di sungai,” tandasnya.

Namun Sumarko juga memberikan penjelasan kepada warga setempat, bahwa lebih bagus adalah menggali lubang sebagai tempat pembuangan dan jika penuh ditimbun yang nantinya akan menyuburkan tanah. Pun, jika harus membakarnya, agar memperhatikan arah angin, sehingga api tidak menjalar ke semak belukar atau ranting-ranting pohon yang ada di dekatnya sehingga menyebabkan kebakaran lahan atau bangunan.

“Kita himbau agar mengumpulkan sampah plastik dan membuangnya di tempat yang semestinya, sehingga sampai di TPA untuk diolah kembali. Itu karena sampah plastik jelas mencemari lingkungan. Bakteri pembusuk memerlukan waktu puluhan bahkan ratusan tahun untuk mengurainya,” pungkasnya. (Aan)