Alumni UPGRI Palembang Siap Berkontribusi Majukan Dunia Pendidikan

Alumni UPGRI Palembang Siap Berkontribusi Majukan Dunia Pendidikan
Rektor memindahkan kuncir kepada Herlinawati, Spd salah satu alumni

PALEMBANG, MEDIASRIWIJAYA - Universitas PGRI Palembang mewisuda sebanyak 982 orang yang terdiri dari 300 orang program Pascasarjana (S2), 508 orang Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis 21 orang, dan Fakultas Sains dan Teknologi 18 orang serta Fakultas Perikanan dan Kelautan 12 orang. Pandemi Covid-19 mempengaruhi dan mengubah banyak hal di berbagai bidang mulai dari kesehatan, sosial, ekonomi dan khususnya dalam bidang pendidikan. Namun hal itu tak menghentikan langkah Universitas PGRI Palembang di bawah pimpinan Rektor Dr H Bukman Lian, MM.,M.Si melanjutkan proses pendidikan. 

Dr H Bukman Lian MM MSi

Rabu (27/8/2020) Kampus yang memiliki motto “Melaju dengan Mutu” ini melakukan prosesi wisuda ke-29 Magister Program Strata 2 dan ke-55 Sarjana Strata 1 serta Diploma III ke-18, di Grand Ballroom Wyndham Opi Hotel. Pelaksanaan Wisuda ini dilakukan dalam protokol kesehatan yang ketat sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah melalui Gugus Tugas Covid-19. Guna mencegah penyebaran pandemi virus (covid-19) yang saat ini melanda di seluruh dunia. Untuk itu pelaksanaan wisuda dilaksanakan selama 2 hari dan dibagi menjadi 3 (tiga) sesi yakni sesi pertama yang dilakukan pagi dan sesi kedua dilakukan siang pada hari Rabu (7/10/2020) dan untuk sesi ketiga dilakukan esok harinya yakni Kamis (8/10/2020). 

Salah satu alumni, Ahmad Badaruddin, S.Pd, M.Pd yang mendapatkan predikat Cum Laude dengan IPK 3,93 mengatakan dirinya kuliah di Universitas PGRI Palembang selain karena alumni S1 juga karena sudah membuktikan bahwa di Universitas PGRI Palembang tak sekadar slogan. "Saya kuliah di sini alumni S1 dikarenakan kualitas sudah terbukti. Selanjutnya apa yang sudah didapat di S1 sudah saya terapkan di tempat kerja saya. Oleh karena itu saya meneruskan pendidikan di Pascasarjana UPGRI ini. Sekaligus belajar cara membuat program untuk pendidikan lebih lanjut terutama untuk personil-personil di lembaga tempat saya bekerja. Untuk personil militer, " ujar Ahmad Badaruddin yang bekerja di Angkatan Darat Sekolah Bahasa Kodam II Sriwijaya.

Dalam sambutannya Rektor Universitas PGRI Palembang Dr H Bukman Lian, MM.,M.Si menjelaskan sebagai salah satu perguruan tinggi swasta terbesar di Sumatera Selatan UPGRI Palembang telah melakukan langkah strategis dalam merespons perubahan dan perkembangan yang begitu cepat yang saat ini terjadi di era normal baru (New Normal) dan era society 5.0 yakni era penggunaan teknologi digital di berbagai aspek kehidupan masyarakat. “Berbagai aspek telah kami tingkatkan mulai dari kelembagaan, pengembangan kampus yang berbasis Cyber University, sarana maupun prasarana, kurikulum, sumber daya manusia, serta riset dan inovasi guna menjadikan Universitas PGRI Palembang yang unggul, berdaya saing dan berkarakter dalam pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni yang berbasis mutu,” ungkap Bukman.

Sebagai kampus yang mendunia dengan Cyber University UPGRI Palembang menurut Bukman, telah melakukan peningkatan infrastruktur jaringan dan koneksi internet melalui penambahan server dan kapasitas bandwidth internet yang semula 30 Mbps menjadi 1 Gbps, tak hanya itu UPGRI juga tengah menyiapkan sistem pembelajaran online berskala besar. “Saat ini Unversitas PGRI Palembang tengah menyiapkan sistem MOOC (Massive Open Online Course) yakni sistem pembelajaran online berskala besar dan terbuka yang memungkinkan mahasiswa UPGRI mengikuti pembelajaran di perguruan tinggi lain secara daring. Sebaliknya mahasiswa dari perguruan tinggi lain juga dapat mengikuti pembelajaran di UPGRI secara daring,” ujar Rektor.  

Sepanjang tahun 2020 diungkapkan Rektor, telah menorehkan banyak prestasi dan penguatan dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di antaranya yakni peningkatan klaster dari klaster binaan menjadi Klaster madya, menjadi perguruan tinggi peringkat 1 (satu) berdasarkan jumlah judul terbanyak se-Sumsel dan meraih peringkat ke 2 (dua) berdasarkan judul terbanyak di LL Dikti wilayah II Hibah Penelitian dan PkM Kemenristek BRIN Tahun 2020. Tak hanya itu, UPGRI juga meraih peringkat 2 (dua) Kegiatan Bisnis Manajemen Indonesia (KBMI) Kemendikbud tahun 2020 di provinsi Sumatera Selatan. Serta meningkatkan mutu dan memotivasi para dosen untuk melakukan penelitian dengan menambahkan alokasi anggaran baik anggaran penelitian maupun anggaran PKM internal. “Tahun 2020 ini kita akan membuka program studi baru yang sangat dibutuhkan dunia kerja saat ini, prodi bisnis digital dan program studi manajemen retail pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis, juga prodi pendidikan vokasi di FKIP serta prodi ilmu lingkungan Fakultas Sains dan Teknologi. Serta di tahun 2021 kita akan membuka prodi teknologi informasi di Fakultas Teknik dan prodi Kelautan pada Fakultas Perikanan dan Kelautan juga prodi pendidikan jasmani FKIP untuk program Pascasarjana,” jelas Bukman. 

Plt. Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi wilayah II Dr, Nuril Furkan, M.Pd

Mendengar banyak prestasi yang telah dicapai Plt. Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi wilayah II Dr, Nuril Furkan, M.Pd menyatakan tidak meragukan lagi kualitas dak kuantitas yang dimiliki Universitas PGRI Palembang karena telah banyak buktinya. Lebih lanjut Nuril Furkan menilai motto yang dipilih Universitas PGRI Palembang yakni “Melaju dengan Mutu” merupakan motto yang sangat relevan dengan perkembangan yang serba kompetitif dan berdaya saing. Untuk itu Nuril mendorong kampus yang mendunia dengan Cyber University ini untuk memasuki level penilaian juga peringkat yang berskala yang dikenal dengan World Class University. “Saya sangat berharap bahwa langkah dan inisiator pertama yang muncul di Sumatera Selatan untuk menjadikan perguruan tinggi masuk dalam penilaian juga peringkat berskala Internasional World Class University adalah Universitas PGRI Palembang,” harap Nuril.

Lanjut Nuril, untuk mendukung dan mengimbangi peningkatan mutu penyelenggara perguruan tinggi sesuai dengan tugas dan fungsi lembaga layanan tinggi, dalam jangka waktu dekat LL Dikti wilayah II akan melauching aplikasi berbasis IT yang dapat dapat mempermudah perguruan tinggi dalam melakukan akses informasi yang ada. “Insya Allah November mendatang kiat akan launching aplikasi Digital Tracking Equipment System sebagai bentuk pelayanan kepada penyelenggaran perguruan tinggi,” Ujar Nuril. 

Ketua PGRI Sumsel sekaligus Pembina YPLP PT-PGRI Sumsel H. Ahmad Zulinto, S.Pd.,MM

Di tempat yang sama, Ketua PGRI Sumsel sekaligus Pembina YPLP PT-PGRI Sumsel H. Ahmad Zulinto, S.Pd.,MM  menjelaskan mayoritas lulusan Universitas PGRI Palembang adalah guru, maka dari itu para alumni UPGRI harus dapat memberikan contoh yang baik di masyarakat juga dapat mengabdi menciptakan generasi penerus bangsa yang dapat memajukan negara melalui pendidikan. “PGRI adalah organisasi yang besar maka itu jagalah nama baik Universitas PGRI di mana pun kalian berada, manfaatkan ilmu yang telah diperoleh untuk kemajuan dunia pendidikan yang baik dan berkualitas,” pesan Zulinto. 

Ketua Umum YPLP PT-PGRI Provinsi Sumsel Hj. Meilia Rosani, SH., M.H

Ketua Umum YPLP PT-PGRI Provinsi Sumsel Hj. Meilia Rosani, SH., M.H. pada kesempatan wisuda ini berpesan kepada para wisudawan untuk menjadikan suasana di era pandemi Covid-19 sebagai pembuktian kepada masyarakat bahwa alumni UPGRI Palembang dapat mengubah suatu tantangan menjadi peluang emas namun tetap menaati dan mengikuti segala peraturan yang ada. “Selamat dan sukses kepada wisudawan/wati, kalian telah menyelesaikan studi dengan baik, akhir dari suatu tahapan adalah awal dari tahapan besar selanjutnya,” ucap Meilia. (*)

Prosesi pelantikan wisudawan oleh Rektor Univ PGRI Palembang