Akses Jalan Baturaja - Ogan Ilir Putus

Akses Jalan Baturaja - Ogan Ilir Putus
FOTO: rws - Kondisi jembatan yang putus.

BATURAJA, MEDIASRIWIJAYA  – Suasana arus lalulintas di area Kecamatan Lubuk Batang, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), tepatnya dia area Jembatan Air Aman Desa Lubuk Batang Lama terlihat berbeda seperti biasanya. Pasanya akses satu jembatan penghubung dua kecamata Lubuk Batang dan Peninjauan itu putus. Kondisi itu terjadi sejak Sabtu (24/10) pagi kemarin turun hujan deras.

Dampaknya jembatan tersebut tidak bisa dilintasi kendaraan roda empat. Kendaraan roda dua masih bisa melintas itu pun sulit karena menggunakan jembatan darurat terbuat dari papan yang disiapkan oleh warga. Untuk kendaraan roda empat terpaksa memutas balik. Bukan hanya penghubung dua kecamatan, secara umum Jembatan ini juga merupakan akses jalan provinsi yang menghubungkan Kab OKU ke Kabupaten Ogan Ilir. Putusnya Jembatan Air Aman langsung menjadi perhatian luas masyarakat terutama di jejaring media sosial dan grup-grup WhatsApp.

Heboh jembatan putus ini pun sampai juga di telinga pejabat terkait dalam waktu cepat. Tanpa menunggu waktu lama, sejumlah pejabat penting terkait di Provinsi Sumsel dan Kabupaten OKU tampak langsung meluncur ke tempat kejadian perkara (TKP).
Sekitar pukul 13.30 WIB, Sabtu (24-10-2020), rombongan terlihat mengecek kondisi jembatan. Tampak yang hadir meninjau Ir. Dharma Budi selaku Kepala Dinas PUPR Provinsi Sumsel, Yudi Purna Nugraha.SH (Wakil Ketua  DPRD OKU) dan Ir Indra (Kepala UPTD) Bina Marga Prov. Sumsel.

Menurut Kepala Dinas PUPR Sumsel, Dharma Budi, pihaknya akan berusaha secepat mungkin memperbaiki jembatan ini. Makanya, dia dan jajarannya datang ke Lubuk Batang Lama di mana lokasi jembatan berada, untuk mengecek sejauh mana kerusakan tersebut terjadi.
Dharma Budi pun tampak mengamati setiap bagian jemabatan yang rusak. Baik yang di atas maupun dari bawah. Di mana jembatan tersebut yang putus berada di antara tiang jembatan dengan jalan utama. Tiang jembatan saat ini terlihat miring sehingga menyebabkan aspal ambrol dan memutuskan jalan hampir satu meter sehingga tak bisa lagi dilintasi.(rws)