Akbar Alfaro Terpilih sebagai Ketua Kadin Kota Palembang

Akbar Alfaro Terpilih sebagai Ketua Kadin Kota Palembang
Foto: IST - Foto bersama usai pelantikan

PALEMBANG, MEDIASRIWIJAYA - Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) kota Palembang melaksanakan Musyawarah Kota VII sekaligus Pelantikan Pengurus KADIN Kota Palembang Masa Bakti Tahun 2020 – 2025 yang mana Dr HM Akbar Alfaro BBus MM terpilih secara aklamasi dan dilantik secara langsung oleh Ketua KADIN Sumsel Dr Dodi Reza Alex Noerdin. Acara berlangsung di Hotel The Zuri, Sabtu (14/11).

Ketua KADIN Sumsel Dr Dodi Reza Alex Noerdin yang juga Bupati Muba mengajak pengurus KADIN Palembang periode 2020-2025 turut andil menggenjot pemulihan ekonomi meski masih dihadapi pandemi COVID-19. "KADIN merupakan organisasi yang menaungi para pengusaha-pengusaha, baik itu UMKM maupun pengusaha menengah besar yang mempunyai peran yang sangat vital apalagi di masa pemulihan  ekonomi nasional," katanya.

Masih kata Dodi, ekonomi harus maju, harus berkembang, usaha harus bergulir, tapi harus beradaptasi dengan kebiasaan baru dalam kebiasaan baru berusaha, contohnya hotel bagaimana bisa menjaring konsumen atau pelanggan tapi dengan tetap menjalankan protokol kesehatan. "Karena fokus kita adalah jangan sampai masalah kesehatan jangan diabaikan, ekonomi akan berantakan, jadi harus faralel. Nah itu tugas berat dari kadin kota," ujarnya.

Pihaknya berharap di triwulan ke empat akan ada perbaikan. Oleh karena itu selain belanja konsumsi masyarakat, atau belanja rumah tangga, yang harus digenjot itu adalah government spanding atau belanja pemerintah. "Belanja pemerintah di akhir tahun harus dikebut, sehingga uangnya bisa lari ke masyarakat, sehingga yang tadinya melemah daya belinya, dengan pertumbuhan dari sektor konsumsi bisa tertolong dengan adanya belanja pemerintah," ucapnya.

Sementara itu Ketua KADIN Kota Palembang, Dr HM Akbar Alfaro BBus MM mengatakan pihaknya akan berusaha meningkatkan kembali jumlah anggota yang mana pernah berjumlah 1000 anggota, sementara saat ini jumlah masih 100-an anggota. “Kami akan lebih menggiatkan kembali dengan mensosialisasikan agar bergabung pada organisasi induk usaha ini.Untuk target ke depan menorehkan kembali sejarah 1000 anggota Kadin kota Palembang," ungkapnya.

Pihaknya berharap ke depan Kadin kota Palembang bisa menjadi sumbangsih saran untuk regulasi-regulasi pemerintah agar lebih berpihak kepada pelaku-pelaku usaha di tengah pandemi Covid -19 yang hingga saat ini masih melanda. "Program kerja ke depan di tengah pandemi Covid 19 ini banyak sekali harus lebih extra apa yang akan kami kerjakan terlebih untuk dunia usaha. Salah satunya memberikan semangat kepada wirausaha," ujarnya.

Selama ini Kadin Kota Palembang, di bawah kepemimpinan Ketua Kadin kota Palembang lama, Mustika Miani sudah banyak melakukan konsolidasi, sinergisitas antara Kadin dan stakeholder lainnya, salah satunya perusahaan BUMN. "Maka dari itu, untuk ke depannya kami akan menggiatkan usaha dan menjadi wadah bagi pelaku usaha online, untuk lebih gencar lagi agar memberikan kontribusi yang lebih baik bagi kemajuan ekonomi kota Palembang,” tuturnya.(ksm)