427 Orang Peserta Ujian Kenaikan Pangkat Penyesuaian Ijazah 

427 Orang Peserta Ujian Kenaikan Pangkat Penyesuaian Ijazah 
foto: IST - Suasana tes ujian kenaikan pangkat penyesuaian ijazah

LUBUKLINGGAU, MEDIASRIWIJAYA - Sebanyak 427 orang peserta dari 19 kabupaten/kota dalam wilayah Provinsi Sumsel dan Babel. Ujian Dinas Tingjat 1 dan II serta Kenaikan pangkat penyesuai Ijazah di Gedung UPT Diklat BKPSDM Kota Lubuklinggau, Senin (25/1).

Dibuka langsung Walikota Lubuklinggau SN Prana Sohe Putra  Dalam Penjelasannya mengenai kondisi Kota Lubuklinggau kepada para peserta dimana Kota Lubuklinggau memiliki luas wilayah 401,50 KM persegi, dengan penduduk 226,002 jiwa, memiliki delapan kecamatan, 72 kelurahan, 527 RT dengan sektor unggulan, industri, perdagangan dan jasa.

Menurut Wako, perbedaan Lubuklinggau dengan kota lain adalah sumber daya alam (SDA)-nya, dimana Kota Lubuklinggau tidak mempunyai SDA. “Agar roda perekonomian berputar, upaya yang dilakukan adalah dengan mendatangkan orang sebanyak-banyaknya ke Kota Lubuklinggau yang dikemas dalam program Ayo Ngelong ke Lubuklinggau 22:2:22,” ujarnya.  

Mengenai visi dan misi Kota Lubuklinggau dijelaskan Wako adalah mewujudkan Kota Metropolis Madani yang didukung dengan potensi jasa seperti hotel/restauran, perdagangan, perbankan, pendidikan, kesehatan, pariwisata dan transportasi. “Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kompetensi, ideologi Pancasila, maka dari itu ikuti dengan sebaik-baiknya guna meningkatkan kinerja, menambah wawasan sekaligus ajang silaturrahim,” imbuhnya. 

Wako mengucapkan terima kasih kepada Badan Kepegawaian Negara (BKN) Regional Vll Palembang yang sudah mempercayai BKPSDM Kota Lubuklinggau untuk menyelenggarakan ujian dinas dan ujian penyesuian ijazah. 

Kepala BKN Kantor Regional Vll yang diwakili Kepala Bidang (Kabid) Pengembangan dan Supervisi Kepegawaian, Rusdi Laila S.Sos,M.Si mengatakan kerjasama antara BKPSDM Pemkot Lubuklinggau dengan Kantor Regional Vll Sumatera Selatan sudah terjalin dengan sangat baik.

Menurutnya PNS yang akan pindah golongan harus lulus ujian dimana kenaikan pangkat berguna untuk pengembangan karir ke arah yang lebih tinggi. Ia berharap seluruh peserta dapat meningkatkan kinerja dan pelayanan publik karena hal ini merupakan fungsi PNS. “Semoga kerjasama antara Pemkot Lubuklinggau dan Kantor Regional Vll Sumatera Selatan selalu terjalin dengan baik,” ujarnya.

Laporan kegiatan disampaikan Plt Kepala BPKSDM Yulita Angraini, SH.MM. Dalam laporannya, dasar pelaksanaan kegiatan ini adalah PP Nomor 12 Tahun 2002 tentang Perubahan Atas PP Nomor 99 Tahun 2000 tentang Kenaikan Pangkat PNS dengan tujuan untuk pengembangan karier dan meningkatkan kemampuan. Pelaksanaannya berlangsung selama tiga hari dari 25-27 Januari 2021. (mud)