Polda Sumsel Luncurkan Aplikasi SI MANIS, Sebuah Sistem Informasi Monitoring dan Evaluasi

PALEMBANG, MEDIASRIWIJAYA – Sesuai komitmen Kapolri Jendral Polisi Listyo Sigit Prabowo, yang menyatakan Institusi Polri Transparan dan Akuntabel dalam pemanfaatan dan pengunaan keuangan negara harus dipertanggungjawabkan. Untuk itu Polda Sumatera Selatan (Sumsel) menjawab tantangan tersebut dengan menghadirkan Aplikasi SI MANIS, sebuah Sistem Informasi Monitoring dan Evaluasi yang digagas oleh Kombes Pol Agus Santoso, SH, Sik sebagai Karorena Polda Sumatera Selatan. “Aplikasi SI MANIS, singkatan dari Sistem Informasi Monitoring dan Evaluasi kinerja anggaran di kepolisian, aplikasi ini dibuat antisipasi terjadinya korupsi juga memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk melihat dalam rangka transparansi anggaran kita (Polda Sumsel – red),” ungkap Kombes Pol Agus, Selasa (29/11).

Keunggulan dari Aplikasi SI MANIS ini dijelaskan Karorena Polda Sumsel, selain memudahkan Kasatker untuk melihat sejauh mana perkembangan kinerja dari anggaran dari penarikan hingga realisasi dari sebuah anggaran di Polda Sumsel.”Pertama memudahkan Kasatker melihat perkembangan dari anggaran tersebut, seperti berapa sih penarikan atau realisasi anggarannya perhari, perbulan dan pertahun. Sehingga akan kelihatan. Termasuk juga kita akan mengetahui bahwa Polda Sumsel sudah melaksanakan kegiatan kegiatan dengan baik atau tidak.” jelasnya.

Bukan hanya itu, Aplikasi SI MANIS dapat diakses masyarakat sebagai bentuk transparansi dan akuntabel Polri khusus Polda Sumsel. “Kemudian ini juga bisa diakses seluruh masyarakat sifatnya aksestable dalam rangka transparansi anggaran kepada masyarakat. Jadi teman- teman bisa mengakses dan bisa melihat anggaran kepolisian ini berapa? Anggaran utuhnya berapa? Dan untuk apa saja, semua rencana kelihatan semua di situ,” terang Kombes Pol Agus.

Selain anggaran kepolisian, warga masyarakat dapat mengakses langsung terhadap dana dana hibah lainnya baik dari pemerintah daerah ataupun dari pemerintah kota, untuk melihat sejauh mana penyerapan anggaran tersebut.”Termasuk anggaran anggaran hibah yang diberikan Pemprov, Pemkot kepada kita, sehingga dari pihak Pemprov Pemkot bisa melihat berapa besar anggaran yang diberikan kita gunakan. Ini adalah tujuan dari aplikasi SI MANIS ini,” ujarnya. (Ly).

One thought on “Polda Sumsel Luncurkan Aplikasi SI MANIS, Sebuah Sistem Informasi Monitoring dan Evaluasi

  • November 30, 2022 pada 7:14 am
    Permalink

    sukses untuk Polri

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *