Peran Serta UKMC pada Penyusunan Pedoman Pembelajaran APTIK

 

PALEMBANG, MEDIASRIWIJAYA – Pada tanggal 18-19 November 2022, Universitas Katolik Musi Charitas (UKMC) ikut serta dalam penyusunan pedoman pembelajaran berbasis Filsafat Driyarkara dengan pendekatan andragogi di Hotel Griya Persada, Kaliurang, Yogyakarta. Workshop yang diselenggarakan Asosiasi Perguruan Tinggi Katolik Indonesia (APTIK) tersebut digadang sebagai upaya konkrit APTIK dalam menghasilkan sebuah panduan pembelajaran kontekstual dan tipikal bagi PT di lingkungan APTIK.

Yohanes Heri Pranoto sebagai perwakilan UKMC menyampaikan bahwa pedoman pembelajaran berbasis Filsafat Driyarkara menjadi sebuah alternatif dalam memberikan layanan pendidikan yang holistik bagi orang muda yang mengecap pendidikan di Perguruan Tinggi Katolik. Pendidikan tidak hanya berorientasi pada proses mendapatkan ilmu saja tetapi pertumbungan diri orang muda secara utuh dan keterlibatan diri mereka bagi orang lain. Untuk itulah APTIK mencoba mengakomodir inspirasi dari para pendidik dari berbagai PT Katolik di Indonesia untuk bersama menyusun pedoman pembelajaran.

Adapun hasil kegiatan adalah terbentuknya tim penyusun pedoman dari beberapa perwakilan PT APTIK dan tersusunnya draft pedoman pembelajaran berbasis Filsafat Driyarkara dengan pendekatan andragogi yang akan menjadi rujukan proses pembelajaran di PT APTIK. Drat tersebut tersusun berdasarkan pengalaman langsung dari seluruh tim dan sumber pustaka. Pada akhir kegiatan, disepakati bersama bahwa draft akan dilengkapi dengan narasi dengan koordinasi secara virtual. Setelah dilakukan penyelarasan bahasa pada pedoman, tim akan mengirimkan pedoman tersebut untuk dilakukan pengesahan bertepatan dengan kongres APTIK Maret 2023. (Andreas Daris Awalistyo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *