137 Calon Perwira Polri Ikuti Rikmin Seleksi Terpadu Tahun 2020

137 Calon Perwira Polri Ikuti Rikmin Seleksi Terpadu Tahun 2020
teks:IST-Pemeriksaan Administrasi (Rikmin) Awal Seleksi Terpadu Calon Anggota Polri Tahun 2020, di Aula Wirasatya 96 Polres Pagaralam Sumsel.

PAGARALAM, MEDIASRIWIJAYA  - Sebanyak 137 orang calon anggota Polri tahun 2020 asal Kota Pagar Alam, mengikuti Pemeriksaan Administrasi (Rikmin) Awal Seleksi Terpadu Calon Anggota Polri Tahun 2020, di Aula Wirasatya 96 Polres Pagaralam Sumsel, Sabtu (22/8).

Peserta berjumlah 137 orang yang terdiri dari 117 calon Polki dan 20 orang calon Polwan, dari jumlah pelamar 137 yang melamar 133 pelamar bintara umum dan 4 pelamar Bakomsus  (Bintara Kompetensi Khusus) yang akan melaksanakan pemeriksaan adminstrasi awal di Polres Pagaralam, seleksi administrasi awal dijadwalkan dua hari yaitu Sabtu dan Minggu dikarenakan jumlah peserta yang cukup banyak dan masih dalam masa pandemi covid -19 yang harus menaati protokol kesehatan. Dalam seleksi administratif itu, para peserta diwajibkan mengikuti protokol kesehatan dengan mencuci tangan, pengecekan suhu tubuh, dan wajib menggunakan masker, jarak antara peserta juga diatur. Pemeriksaan administrasi dimulai dengan pemeriksaan tinggi badan dan berat badan sebagai syarat yang harus dipenuhi. Kapolres Pagar Alam AKBP Dolly Gumara S. IK M. Hari melalui Kabag Sumda Kompol Tri Warman didampingi Ps. Paur Humas Bripka Paino S. E selaku panitia bantuan penerimaan (Pabanrim) di tingkat Polres menjelaskan, seluruh tahapan seleksi penerimaan Polri menerapkan prinsip BETAH (Bersih, Transparan Akuntabel, Humanis).

Kompol Tri Warman mengatakan untuk menjamin transparansi, pelaksanaan Rikmin melibatkan pengawas internal dan eksternal. Sedangkan untuk keabsahan berkas berupa ijazah, nilai raport, domisili dan usia, pemeriksaan dilakukan oleh Tim Exsternal dari Dikdukcapil dan Disdiknas Kota Pagaralam, serta diawasi panitia eksternal wartawan yang diwakili oleh Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) kota Pagaralam. "Hasil penerimaan akan diumumkan secara terbuka, dan setiap pendaftar bisa mengetahui siapa saja yang memenuhi syarat dan tidak," terang Kompol Tri Warman.

Setelah dinyatakan lolos dalam seleksi administrasi awal di Polres Pagaralam, para pendaftar bisa mengikuti tahapan selanjutnya di tingkat Polda Sumatera Selatan. (Repi)