Wow...di Zaman Now Masih ada Permainan Anak-anak Pedesaan Yang Sudah Sangat Langka , Hansip-hansipan

Wow...di Zaman Now Masih ada Permainan Anak-anak Pedesaan Yang Sudah Sangat Langka  , Hansip-hansipan
Foto: ms/akbar - Permainan anak-anak di Desa Lubuk Layang Ilir Kecamatan Kikim Timur yang masih berlaku adalah Hansip-hansipan (sejenis petak umpet)

KIKIM TIMUR, MS  - Suasana malam saat musim liburan di Pedesaan tentunya sangat berbeda dengan musim liburan sekolah di perkotaan. Hal ini tampak saat wartawan media ini berkunjung ke Desa Lubuk Layang Ilir Kecamatan Kikim Timur Kabupaten Lahat Provinsi Sumatera Selatan, Jumat (12/7).

Permainan hansip-hansipan anak-anak di Desa Lubuk Layang Ilir Kecamatan Kikim Timur Kab Empat Lawang.

Ada salah satu permainan anak-anak yang sudah sangat langka ditemui di daerah-daerah lain, yaitu Permainan hansip-hansipan. Yaitu permainan anak-anak sejenis dengan petak umpet, di mana salah satu anak akan mencari teman-temannya yang lain sampai bergiliran.Tampak keceriaan anak-anak yang polos ini dalam melakukan permainan ini.

Hal ini menumbuhkembangkan rasa kebersamaan dan kekompakkan serta kepedulian terhadap sesama. Rian Bin Hadi (11) mengatakan bahwa mereka sangat senang melakukan permainan ini karena selain menyenangkan juga dimainkan secara bersama-sama. "Kami ribang(senang, red) bermain hansip-hansipan karena permainan ini dilakukan bersama teman-teman,"ujar Rian ceria.

Sementara itu secara nyata bisa kita petik hikmah dari permainan sederhana ini yaitu hemat, aman, menumbuhkan rasa kebersamaan dan selalu menjaga kekompakan. (akbar)