Waspada, Tiga Kecamatan Rawan Longsor

Waspada, Tiga Kecamatan Rawan Longsor
Longsor Susulan di Desa Tegurwangi Kecamatan Dempo Utara. (Foto ist)

PAGARALAM, MEDIASRIWIJAYA – Tiga kecamatan di Kota Pagaralam masuk dalam kategori rawan longsor, sehingga masyarakat diminta untuk waspada dan segera melaporkan jika terjadi bencana tersebut.

Kasi Kedaruratan BPBD Kota Pagaralam,  Azzer Feberian mengatakan bahwa, tiga kecamatan di Kota Pagaralam yakni Kecamatan Dempo Utara, Dempo Selatan dan Dempo Tengah merupakan tiga kecamatan yang dinilai rawan dengan bencana alam seperti longsor, banjir bandang bahkan angin puting beliung.

“Hal ini, disebabkan daerah tersebut banyak kawasan perbukitan jadi memang ada beberapa titik jadi kawasan rawan longsor. Ditambah pasca musim kemarau ini kawasan rawan longsor ini juga lokasinya sangat kering bahkan ada yang terbakar,” ujarnya, melansir  intens.news, kemarin.

BPBD mengimbau, masyarakat Pagaralam untuk tetap waspada terutama yang ada dikawasan longsor. 
“Selaian rawan longsor Pagaralam juga rawan bencana banjir serta puting beliung. Namun dimusim hujan seperti saat ini warga yang tinggal dikawasan Daerah Aliran Sungai (DAS) juga harus waspada Banjir Bandang,” ungkapnya.

Sementara Informasi yang didapat di lapangan, Senin, (16/12/2019), Longsor puluhan meter kembali terjadi di Desa Tegur Wangi Baru Kecamatan Dempo Utara sekira pukul 04.00 WIB, tepatnya tak jauh dari longsor yang sebelumnya pada (6/13) lalu.

Adanya longsor susulan ini, Camat Dempo Utara, Arjanggi Priatna, menghimbau agar masyarakat sekitar khususnya yang berada tak jauh dari lokasi longsor untuk tetap waspada akan kejadian serupa.

“Karena kejadian seperti ini dan bencana alam lainya tidak bisa di deteksi,sehingga perlu di waspadai,” ujarnya.(net)